AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Maluku Hatta Hehanusa mengingatkan Balai Jalan Nasional Wilayah Maluku untuk segera memperhatikan kondisi kerusakan pada ruas jalan Kawa menuju Mornateng, Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Pasalnya, pada kunjungan yang dilakukan beberapa waktu lalu, pihaknya mencoba melewati beberapa ruas jalan Piru menuju Loki, terlihat ada pembangunan beberapa jembatan yang sementara dikerjakan, namun pada ruas jalan antara Kawa menuju Mornateng diatas pegunungan, terdapat kondisi jalan yang mengalami kerusakan cukup parah.

“Untuk ruas jalan Kawa menuju Mornateng ada terdapat jalan yang memang cukup rawan sekali yang harus ditangani segera oleh pihak balai,” tandas Hatta kepada Siwalimanews di Ambon, Senin (25/4).

Untuk kondisi ruas jalan tersebut kata dia, komisi III pernah melakukan koordinasi dengan pihak balai dan dijelaskan, jika kondisi jalan dimaksud adalah jalan basah yang memang membutuhkan penanganan khusus.

Walaupun ruas jalan tersebut bersifat penanganan khusus, namun harus tetap segera ditangani dan tidak boleh dibiarkan berlama-lama, karena memang kondisi jalan sangat rawan, jika tidak ditangani segera.

Baca Juga: BKKBN Gelar Forum Koordinasi Jurnalis

Bahkan pada posisi beberapa tanjakan diruas jalan itu, ternyata pemuatan pengaspalan galian c khusus sirtu yang diangkut oleh truk sering tumpah, sehingga mengakibatkan kendaraan terpeleset. Belum lagi ditambah di ruas jalan itu juga terdapat beberapa titik longsoran dan juga jalan amblas, sehingga perlu ditangani segera.

“Untuk itu harus ada perhatian penuh dari Balai Jalan Nasional terhadap akses jalan, terutama kerusakan yang terjadi antara Kawa menuju Mornateng,” tandasnya.(S-20)