MASOHI, Siwalimanews – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Maluku Tengah memastikan, bantuan tanggap darurat kepada korban bencana banjir yang menerjang sejumlah wilayah di kabupaten itu telah disalurkan.

“Bantuan logistik kepada warga terdampak banjir, mulai dari kilometer 7 hingga 10 Kelurahan Holo, Kecamatan Amahai dan di Kecamatan Pulau Haruku, telah didistribusikan sejak, Minggu (31/7) kemarin,” ungkap Kepala BPBD Malteng Latief Key kepada wartawan di Masohi, Senin (1/8).

Latif menyebutkan, bantuan logistik berupa bahan makanan, tenda, selimut serta lain sebagainya, didistribusikan BPBD. Ini sesuai dengan instruksi bupati untuk mempercepat penanganan kebutuhan warga terutama logistik pada daerah terdampak banjir, akibat hujan dengan intensitas tinggi.

“Jadi kami telah menyalurkan logistik bantuan sejak hari Minggu kemarin sesuai dengan arahan atau instruksi pak bupati. Hal ini dimaksud, agar penanganan kebutuhan warga yang mendesak dapat segera ditangani,” jelansya.

Latief mengaku, disaat distribusi logistik, pihaknya langsung melakukan pendataan, baik terhadap jumlah korban maupun kerusakan rumah warga serta infrastruktur milik pemerintah.

Baca Juga: Banjir Landa Dua Desa di Kecamatan Haruku, Ratusan Rumah Terendam

“Selain menyalurkan bantuan logistik, saat ini tim di lapangan juga melakukan pendataan, hal ini agar kami miliki data yang autentik guna tindakan selanjutnya,” tuturnya.

Ia mengaku, pada wilayah Dusun Waitetes kilo meter 7 hingga kilo meter 10, Kecamatan Amahai, sesuai data, tidak terdapat kerusakan pemukiman maupun fasilitas umum, selain itu juga tidak terdapat titik pengungsi pada lokasi dimaksud.

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Haruku, terdapat kerusakan akibat banjir yang menimpa wilayah itu, Sabtu (30/7) dini hari kemarin.

“Untuk wilayah Kecamatan Amahai, proses pendataan sudah dilakukan secara maksimal dan tidak ditemukan adanya kerusakan. Namun,untuk wilayah Haruku memang ada kerusakan, bahkan ada beberapa rumah yang hilang akibat diterpa banjir. Untuk data resmi secara detail, akan kami sampaikan setelah pendataan dilakukan oleh tim,” janjinya.(S-17)