AMBON, Siwalimanews – Satu dari komplotan pencurian yang beraksi diwilayah Kota Ambon dan sekitarnya berhasil diamankan tim unit resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Maluku, pekan kemarin.

Pelaku yang diamankan yakni pemuda asal STAIN, Kecamatan Sirimau Kota Ambon berinisial ID.

ID diketahui merupakan aktor utama pencurian di kawasan Wayari, keca­ma­tan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah yang dila­porkan anggota Polisi  bernama Heru Setiawan.

Dalam pencurian yang terjadi Kamis (17/1),  pela­ku yang diketahui bergerak bersama satu orang rekannya yang kini masih buron berhasil menggasak uang tunai Rp.30 juta, dan 4 unit handphone (HP) masing-masing merk Vivo V20SE, Samsung A8, Pocco S3 Pro, dan Oppo F3.

Kasus ini terungkap setelah tim Resmob melakukan penyelidi­kan terhadap kasus pencurian ter­se­but. Tim mengantongi keberadaan 1 unit HP korban yang dicuri pe­laku.

“Dari hasil penyelidikan unit resmob mendapatkan informasi tentang keberadaan 1 unit Hp Vivo V20SE yang hilang, yang saat itu sementara digunakan oleh warga Nania berinisial IS,”jelas Dirkri­mum Polda Maluku, Kombes Andi Iskandar, kepada wartawan di Ambon, Jumat (27/1).

Dengan dikantonginya nama IS, tim selanjutnya mengamankan IS dirumahnya. Kemudian hasil interogasi, IS mengaku membeli HP tersebut dari S seharga Rp1.250.000.

Meunculnya nama S membuat tim kembali melanjutkan pengembangan dengan menyambangi rumah S di kawasan STAIN.

Sama seperti pengakuan IS, S juga mengaku mendapat HP tersebut dari pelaku.

“Ada sejumlah pengembangan yang akhirnya mengarah ke pelaku ID, tim kemudian bergerak dan mengamankan yang bersangkutan dikediamannya di daerah STAIN,”ungkapnya.

Dari hasil pengembangan, pelaku mengaku bergerak bersama rekannya bernisial F yang kini dalam pencarian.

Diketahui juga sepak terjang komopotan ini bukan baru pertama kali. Mereka diketahui pernah melakukan perbuatan yang sama disejumlah wilayah di Kota Ambon.

“Pelaku dan komplotannya bu­kan baru pertama kali lakukan aksi pen­curian, mereka sudah sering mela­kukan aksi serupa di sejumlah wilayah,”tandasnya. (S-10)