AMBON, Siwalimanews – Badan Nasional Pengelola Perbatasan meggelar kegiatan internalisasi reformasi birokrasi dan peningkatan kapasitas aparatur pengelola perbatasan negara tahun 2022.

Kegiatan yang dipusatkan di Bogor 24-25 Agustus itu dihadiri oleh Sekretaris, Deputi, Karo/Asdep, Kabid PLBN, serta seluruh Pejabat dan staf BNPP itu dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh ASN BNPP dalam mengimplementasikan tujuan reformasi birokrasi, sekaligus membangun kerjasama dan soliditas dalam bekerja.

“Hal ini merupakan bagian dari upaya utk meningkatan kinerja organisasi dan mengembangkan kapasitas aparatur dalam mendukung target pembangunan perbatasan,” tulis humas BNPP dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Jumat (26/8).

Dalam kegiatan itu terdapat beberapa agenda yakni, pertama, sharing session terkait internalisasi RB oleh pejabat pimpinan tinggi madya BNPP. Di agenda ini, deputi dan Pokli memberi arahan dan motivasi serta dorongan kepada seluruh ASN BNPP untuk memaksimalkan potensi diri dalam bekerja guna mencapai tujuan organisasi, khususnya bagaimana para ASN dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan.

Kedua, sosialisasi core values ASN Berakhlak oleh tim dari Accelarated Culture Transformation/ACT Consulting. Kegiatan ini dalam rangka memberikan pemahaman dan menanamkan nilai dasar Core Values ASN Berakhlak sebagaiman diatur dalam surat edaram Menpan RB Nomor 20 tahun 2021 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN. dilanjutkan dengan penjelasan dan pengisian survei Akhlak Culture Health Index.

Baca Juga: Besok Hasil Seleksi Sekda Maluku Dibawa ke Kemendagri

”Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan piagam komitmen gerakan nasional sadar tertib arsip (GNSTA) oleh pejabat eselon I dan II, sebagai tindaklanjut pencanangan GNSTA oleh Menteri di HUT BNPP Ke-11 pada 17 September 2021 lalu,” ujar pihak humas.

Penandatanganan tersebut adalah bentuk komitmen untuk meningkatkan kesadaran lembaga negara. khususnya BNPP dlm mewujudkan tujuan penyelenggaraan kearsipan melalui aspek kebijakan, organisasi, sumber daya kearsipan, sarana dan prasarana, pengelolaan arsip, serta pendanaan kearsipan.

Selanjutnya agenda berikut yakni, apresiasi ASN BNPP tahun 2022. Aenda ini dalam rangka pelaksanaan RB terkait pemberian reward bagi ASN dan meningkatkan motivasi,  diberikan apresiasi dan penghargaan kepada ASN terpilih, yang dinilai berdsarkan indeks profesional ASN, sebagaimana diatur dalam Perka BKN 8/2019, meliputi indeks kualifikasi, kompetensi, kinerja, dan disiplin.

Adapun pejabat/staf terpilih penerima apresiasi di Lingkup Sekretariat diserahkan oleh Sekretaris BNPP kepada,  Nursatya Kasihandayani, Swarna Atjo Lopa dan Hana Damaita Naibaho. Di Lingkup Deputi I penghargaan diserahkan oleh Deputi I kepada  Agustin Sagala, Teguh Priyadi dan Rizal Yuliansyah.

Untuk Lingkup Deputi II, diserahkan oleh kelompok ahli Irjen Pol Hamidin dan Letjen TNI Ali H Bogra kepada, Deki Sahputra, Herlyana dan Wima Ayu Kristiana. Sedangkan di Lingkup Deputi III diserahkan oleh Deputi III Letjen TNI (Purn) Jeffery Apoly Rahawarin kepada,  Hengki Pranajaya, Srikandiyati, dan  Maslida Ali.

“Agenda terkahir yakni, Capacity Building ASN Pengelola Perbatasan. Kegiatan  dilakukan dalam rangka membangun kerjasama tim yang lebih solid di lingkup BNPP, meliputi knowledge, skills, attitude dan behaviour ASN BNPP, sekaligus diharapkan dapat membentuk karakter positif dalam mengembangkan kapasitas diri, baik sebagai individu, kelompok, maupun dalam organisasi BNPP,” jelas pihak humas. (S-06)