AMBON, Siwalimanews – Warga kota Ambon dibuat geger dengan kepulan asap tebal yang muncul dari dalam SPBU di Jalan Pantai Mardika, atau tepatnya di kawasan belakang kota, Jumat (26/8) malam.

Banyak yang mengira asap tebal terebut berasal dari SPBU yang terbakar, namun ternyata kepulan asap diketahui berasal dari mobil mini bus jenis Kijang Super dengan nomor polisi DE 1459 AL yang mengalami kosleting usai mengisi bensin di SPBU tersebut.

Informasi yang dihimpun Siwalimanews, kejadian berawal ketika mini bus yang dikemudikan Reinhard Salamor (30) usai mengisi BBM jenis pertalite di SPBU dan saat hendak keluar, tangki mabilnya diduga mengalami kebocoran, sehingga pemilik mobil akhirnya menguras isi tanki menggunakan alat penyedot elektrik.

“Saat sementara menyedot isi bensin dari dalam tangki ke dalam jerigen, tiba-tiba percikan api keluar yang diduga berasal dari alat penyedot tersebut, sehingga api membesar hingga ke jerigen penampung,” jelas sumber Siwalimanews di Mpaolresta Ambon.

Percikan api disertai kepulan asap tebal, membuat panik warga yang berhamburan keluar dari SPBU saat sedang mengantri untuk mengisi BBM.

Baca Juga: Hujan Lebat dan Angin Kencang Masih Berpotensi Terjadi di Ambon

Pegawai SPBU yang mengetahui hal tersebut, langsung begegas mengambil alat pemadam api ringan (APAR) untuk memadamkan api. Tak lama kemudian 1 unit mobil damkar milik Pemkot Ambon tiba di TKP dan melakukan pemadaman.

Beruntung peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan api berhasil dijinakan sebelum merembet ke bangunan disekitar.

Kasi Humas Polresta Ambon yang dikonfirmasi Siwalimanews membenarkan kejadia itu, namun dirinya menegaskan, kalau isu yang beredar bahwa yang terbakar adalah SPBU itu tidaklah benar adanya.

“Iya yang terbakar itu mobil, bukan SPBU seperti yang beredar di video-video di media massa,” jelasnya. (S-10)