AMBON, Siwalimanews – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Insan Muda Demokrat Indonesia (IMDI), Michael Watimena terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum IMDI periode 2020-2025.

Wattimena atau yang akrab disapa Bung Michael Wattimena (BMW) menggantikan Teuku Riefky Harsa, dalam Kongres I IMDI yang digelar di Hotel Grand Kemang, Sabtu (7/11).

BMW terpilih secara aklamasi oleh perwakilan 33 provinsi dari 34 provinsi di Indonesia. Sementara satu provinsi lainnya yakni Provinsi Bali tak berkesempatan untuk menghadiri kongres tersebut.

Kongres I IMDI yang mengusung Tema: Marajut Kebhinekaan Indonesia itu dibuka  oleh Ketum Partai Demokrat, Agus Harimukti Yudhoyono (AHY).

AHY dalam sambutannya berharap, IMDI bisa menjadi salah satu organisasi sayap yang maju, modern, dan juga mengakar sampai dengan tingkat grassroot.

Baca Juga: Bakamla RI Salurkan Bantuan bagi Warga Masika Jaya

“Yang saya harapkan dari IMDI, benar-benar menjadi Orsap yang efektif, yang merangkul berbagai elemen masyarakat,” pinta AHY.

AHY juga berharap, IMDI selalu membawa napas Partai Demokrat sebagai partai nasionalis religius yang mengutamakan kepentingan rakyat di atas kepentingan kelompok.

“Apalagi kemudian kelompok-kelompok yang saling dibenturkan atas perbedaan suku, agama, ras, dan identitas lainnya. Itu bukan politik Partai Demokrat. IMDI juga saya yakin akan mengusung semangat yang sama,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ketum AHY mengajak para anggota IMDI untuk menyukseskan program-program Partai Demokrat lima tahun ke depan guna mewujudkan visi membesarkan Partai Demokrat.

“Saya tidak akan sebutkan satu per satu, yang jelas di program nomor satu dan nomor enam. Program nomor satu itu adalah menyiapkan dan juga mencetak sumber daya manusia yang unggul dan militan. Berarti diantaranya tentu menjadi tugas dan tanggung jawab IMDI. Carilah kader-kader yang punya semangat dan dedikasi, yang unggul, tapi juga militan,” pesannya.

AHY membeberkan, program nomor enam, membina dan memperluas jaringan konstituen. Itu juga salah satu tugas dan tanggung jawab dari IMDI maupun Orsap lainnya.

“Ada tiga pilar yang harus dibangun Partai Demokrat secara bersama-sama dan harus dibaca dalam satu napas yang sama, yaitu kaderisasi dan regenerasi; sinergi dan kolaborasi; serta akselerasi dan inovasi,” katanya.

Kata putera sulung SBY itu, jangan sampai, kaum muda justru menjadi apatis terhadap partai politik.

“Garaplah anak muda Indonesia, karena jumlahnya sangat banyak di 2024 akan bertambah lagi dibandingkan dengan pemilu kemarin. Jangan sampai kita kalah gesit dengan partai lain yang juga melirik anak-anak muda. Dekati mereka dengan pendekatan yang pas, jangan sampai justru membuat mereka ilfeel, ajak kaum muda dengan logika,” ajak AHY.

Setelah itu, Ketum AHY didampingi Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya yang juga adalah Ketua Umum IMDI, memukul gong sebagai tanda Kongres I IMDI tahun 2020 dibuka.

Ketum AHY kemudian lanjut menyerahkan 10.000 kartu anggota Partai Demokrat secara simbolis yang nantinya akan diberikan oleh kader IMDI kepada para konstituen.

Sementara itu, BMW dalam sambutannya mengaku, bersyukur kepada Tuhan, karena kongres berjalan aman sampai dengan pemilihan, dimana  telah peroleh  kepercayaan dari 33 provinsi dirinya sebagai nahkoda.

“Ini suatu berkat dan bukan suatu hal yang mudah namun sebagai Ketum, saya  percaya bersama seluruh porsonil yang ada dan mohon pertolongan semesta kita  dapat mengarungi samudera raya, sebab tujuan kita bersama adalah kembalikan kejayaan Partai Demokrat. Itu bisa terjadi hanya dengan persatuan yang kokoh,” tandasnya.

Dikatakan, tiada kata yang paling indah disaat mengakhiri kongres IMDI I ini,  hanya satu pesan  kebersamaan ini terus dipupuk dan dijaga bersama.

“Danke untuk semua kepercayaan bagi saya sebagai Ketum, saya pun berterima kasih dan berikan apresiasi penuh kepada Ketum Partai Demokrat AHY. Boleh hadir permulus jalannya Kongres I IMDI. Berlayar lima tahun kedepan, kita diperhadapkan dengan tantangan yang sangat berat. Sebab dinamika kehidupan akhir-akhir ini tidaklah mudah,  hingga sekali lagi mohon dukungan dan doa,” pinta BMW. (S-16)