AMBON, Siwalimanews – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon mengeluarkan peringatan dini waspada cuaca ekstrem yang akan terjadi di sejumlah wilayah di Maluku.

“Berdasarkan analisa pola angin lapisan atas, adanya sirukulasi tertutup di utara Benua Australia menyebabkan pumpunan angin di Laut Banda,” ucap Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon Kamari dalam rilisnya yang diterima Siwalimanews, Sabtu (22/1).

Sementara untuk suhu muka laut wilayah perairan Maluku pun masih menghangat (max: +2.0 °C) serta kelembaban udara lapisan (850mb-700mb) menunjukan keadaan yang cukup basah (60%- 100%), sehingga mengindikasikan peluang pertumbuhan awan hujan masih cukup aktif di wilayah Maluku.

Selain itu, pertumbuhan awan-awan hujan dapat terjadi secara lokal dengan intesitas ringan hingga sedang dapat disertai kilat petir untuk dua hari kedepan.

Sementara untuk wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat diprediksi akan terjadi pada 22 Januari 2021 di Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur.

Baca Juga: Sempat Rusak, Jalan Taniwel Kembali Normal

Selain itu, untuk wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat akan berpeluang terjadi di Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Aru dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“sementara untuk Minggu (23/1) akan berpotensi terjadi hujans edang hingga lebat di Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Aru dan Maluku Barat Daya,” urainya. (S-51)