AMBON, Siwalimanews – Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas II Pattimura Ambon mengingatkan masya­rakat Maluku untuk waspada terhadap peringatan dini cuaca wilayah Maluku yang akan terjadi tanggal 6-8 April 2020.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stssiun Meteorlogi Klas II Pattimura Ambon, Wilhelmina Paays dalam rilisnya kepada Siwalima, menjelaskan wilayah yang berpotensi hujan sedang lebat untuk Selasa (6/4), akan terjadi pada Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Hal serupa juga akan terjadi Selasa (7/4) pada Kabupaten Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten  Kepulauan Tanimbar dan untuk Rabu (8/4)  akan berpeluang terjadi  pada Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

Kemudian adanya siklon tropis irondro (975hPa dengan kecepatan angin maksimum 60 knot) di Samudera Hindia dan silikon tropis Harold (930ghpa,dengan kecepatan angin maksimum 110 knot) di Samudera Pasifik serta daerah tekanan rendah di Papua bagian selatan .

Dikatakan, untuk daerah tekanan rendah di wilayah Papua bagian selatan akan menyebab­kan masa udara terkonsentrasi di wilayah Kepulauan Aru hingga Kepulauan Tanimbar .

Baca Juga: APD Terbatas, Gugus Harus Koordinasi Pemda

“Untuk Angin Gradien wilayah Maluku umumnya bertiup dari arah Barat Laut dengan kecepatan berkisar 5-10 knot dan untuk suhu laut di perairan Maluku satu minggu terakhir cenderung hangat dengan nilai berkisar antara 29-31Úc dan kondisi kelembapan udara pada lapisan atau cenderung bervariasi yaitu lembab pada lapisan  850hPa namun cenderung kering pada lapisan  700hPa,”urainya. (Mg-5)