AMBON, Siwalimanews – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, Provinsi Maluku masuk dalam 26 daerah waspada banjir bandang.

Selain Maluku, 25 daerah yang mendapatkan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG yakni, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepualauan Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung dan Banten.

Daerah selanjutnya adalah Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Nusa Tenggara Timur.

Seperti dilansir CNNIndonesia.com, potensi dampak hujan lebat untuk dampak banjir bandang berlaku mulai hari ini, Senin (8/11) pukul 07.00 WIB sampai dengan 9 November 2021 pukul 07.00 WIB, pada lima wilayah siaga, dan 26 wilayah waspada banjir bandang.

Lima wilayah siaga banjir bandang antara lain, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Kalimantan Tengah.

Baca Juga: Jelang HUT ke-76, Kompi II Yon C Anjangsana Ke Panti Asuhan

BMKG juga mengemukakan memasuki masa Dasarian I November, angin baratan diprediksi mulai memasuki wilayah Indonesia terutama di wilayah sekitar ekuator.

Selain itu, terdapat juga pola siklonal di sekitar Barat Sumatera Bagian Utara dan Selatan, Utara Kalimantan, dan Perairan Maluku, dengan perkiraan curah hujan berada pada kriteria rendah, hingga menengah (0 – 150 mm/dasarian) pada bulan November I-III 2021. (S-51)