AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka membentuk dan menumbuhkan generasi masa depan penerus bangsa yang cinta tanah air, maka Kodam XVI Pattimura menggelar pembinaan wawasan kebangsaan.

Kegiatan yang dipusatkan di aula Yonif Raider 733 Masariku, itu diikuti kurang lebih 60 peserta yang terdiri dari tokoh agama, tokoh pemuda, perwakilan siswa dan siswi dari SD-SMU/SMK, Kamis (8/4).

Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin dalam amanatnya yang dibacakan Aster Kasdam XVI/Pattimura, Kolonel Arm Hendro Agus Suseno mengatakan, pembinaan wawasan kebangsaan merupakan salah satu upaya untuk membina para generasi penerus bangsa dalam menghadapi era global saat ini.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membina dan membentuk komponen masyarakat Indonesia berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan Bhinneka Tunggal Ika, dengan semangat bela negara guna mewujudkan NKRI yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” ujar Pangdam.

Melalui program ini juga kata Pangdam, diharapkan tercapai sasaran seperti, terwujudnya komponen masyarakat Indonesia yang memiliki kepribadian Pancasila, memiliki pengetahuan dan kesadaran dalam membela negara Indonesia, tumbuhnya kebanggaan masyarakat sebagai warga negara Indonesia yang ber Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga: Selama Ramadhan, Ribuan Petugas PLN Disiagakan

Selain itu juga, diharapkan dapat terbentuk fisik dan mental serta kepribadian yang baik serta memiliki sifat kesetiakawanan sosial di seluruh kalangan masyarakat dalam menghadapi berbagai pengaruh negatif, terbentuknya komponen masyarakat yang mandiri, peduli, bertanggungjawab dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat yang berlandaskan Pancasila. (S-21)