AMBON, Siwalimanews – Kota Ambon dan bebe­rapa kabupaten lainnya di Maluku masih berpotensi hujan disertai angin.

Karena itu BMKG meng­himbau masyarakat untuk waspadai hujan disertai kilat/petir disertai angin kecang yang bisa berdam­pak pohon tum­bang.

Himbauan ini disampai­kan prakirawan Stasiun Me­teorologi Pattimura Am­bon, Yohana Rottie ke­pada Siwalima melalui tele­pon selulernya, Rabu (13/12).

Dia mengatakan, kondisi hujan dengan angina ken­cang masih akan terjadi beberala hari kedepan untuk wilayah Provinsi Maluku.

“Untuk beberapa hari ke depan masih berpotensi terjadi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang,”ujarnya.

Baca Juga: Ribuan Surat Suara Pemilu Mulai Distribusi

Selain wilayah Kota Ambon, beberapa daerah lain seperti Kota Tual, Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Buru Selatan, Maluku Tenggara, Kepulauan Aru, Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya, juga mengalami kondisi yang sama

Dia menjelaskan, kondisi ini terjadi karena adanya tekanan rendah di wilayah utara Australia, sehingga menyebabkan terbentuknya daerah pumpunan angin dan belokan angin di wilayah Maluku. Hal tersebut menambah potensi pembentukan awan hujan dibeberapa kabupaten/kota.

Karena itu, BMKG menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap kondisi hujan dan angin kencang.

“Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada terhadap jalanan yang licin akibat hujan lebat, dan waspadai juga pohon-pohon tumbang akibat angin kencang,” ujarnya.(S-25)