DOBO, Siwalimanews – Kunjungan kerja Koorsahli KA­SAD, Letjen TNI, Besar Harto Kar­yawan dalam rangka peninjauan, pengawasan dan evaluasi TMMD ke -110 T.A 2021 di Kabupaten Kepulauan Aru

Rombongan Koorsahli KASAD, Letjen TNI, Besar Harto Karyawan disambut langsung oleh Bupati Aru Johan Gonga, Sekda Aru, Moh. Jumpa, Ketua DPRD Aru Udin Belsigaway, Danlanal Aru Letkol Laut (P) Choirur Roziqin,Tr. Hanla, Kapolres Kepulauan Aru AKBP Sugeng Kundarwanto, Dandim 1503/Tual, Letkol Inf Christian Mario Noya, Kajari Aru Andi Panca Sakti, Pabung Satgas Ter Aru Mayor Inf Nugroho Siswanto, Dansub Denpom Persiapan Aru Kapten Cpm Wanunu Ode Adam, Danramil 1503-03/Dobo Kapten Inf. Bakrie Renhoad, Danki Kompi E Yonif 734/SNS Lettu Inf. Eko Benhak, Danki Brimob Kompi 2 Yon C Pelopor Iptu A. Thenu.

Koorsahli KASAD, Letjen TNI, Besar Harto Karyawan di lokasi pem­bangunan drainase di kompleks Kampung Baru, Kelurahan Siwalima mengatakan, kegiatan TMMD ke-110 tahun 2021 di Kabupaten Kepu­lauan Aru ini mempunyai panda­ngan stra­-tegis dan nilai tambah terhadap pembangunan masyarakat.

“TMMD bagian tak terpisahkan dalam kebersamaan TNI dan mas­yarakat bersama-sama membangun desanya ini, harapan kita terbangun disitu sekaligus juga melibatkan sasaran non fisik dari kegiatan dinas-dinas pemerintahan yang lainnya bisa diikut sertakan berupa penyu­luhan, pencegahan dan sebagai­nya,” ujarnya.

Dikatakan, situasi wilayah Kepu­lauan Aru ini mempunyai potensi luar biasa. “Proses kita bagaimana meng­ajak masyarakat belajar membaca, mem­­baca bukan sekedar membaca buku atau kita membaca majalah, tetapi apa yang kita lihat bacalah apa yang kita dengar, bacalah apa yang kita cium, ba­calah apa yang kita kejar dan ba­ca­lah apa yang kita rasakan,” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi akan ke Ambon dan Buru

Menurutnya, setiap objek apapun biasakan berproses, berpikir melihat sesuatu apa potensinya ,apa pe­luang­nya, apa kelebihan dan keku­rangannya, apa yang menonjol dari objek itu, apa ancamannya mungkin ada ancaman dan bahayanya.

“Kegiatan TMMD tersebut sa­ngat membantu pemerintah dae­rah, menjadikan semangat gotong royong masyarakat, TNI dan Polri tercipta khususnya di Kabupaten Kepulauan Aru,” katanya.

Diharapkan, dengan selesainya pembangunan drainase di Kampung Baru dapat membantu mengurangi genangan air pada saat musim hujan dan pasang air laut.

Sebelumnya, Dandim 1503 Tual Letkol Inf. Mario C Noya telah me­nyampaikan paparan dan penjelasan kegiatan TMMD di Aru.

Dalam penjelasannya, Dandim 1503 Tual mengatakan, ada bebe­rapa perencanaan khususnya pem­ba­ngunan jembatan penghu­bung terjadi perubahan, yang semula dilakukan penyusunan batu diganti dengan cor beton.

“Hal ini, dikarenakan material batu yang sesuai standar pembangunan khususnya jembatan tidak ada di Aru, sehingga di rubah dengan pengecoran beton,” katanya.

Sementara itu, dari pantauan Siwa­lima, Koorsahli KASAD, Letjen TNI, Besar Harto Karyawan bersama rombongan dalam kunker kurang lebih satu jam berada di Dobo, kemu­dian melanjutkan penerbangan de­ngan Pesawat Wings Air ATR 72-600 PK-W JK dengan nomor Penerbangan  IW 1531 menuju Bandara Tual. (S-25)