AMBON, Siwalimanews – Badan Meteorologi, Kli­matologi dan Giofisika me­ngeluarkan peringatan dini waspada hujan sedang hingga lebat disertai petir dan kilat serta angin kencang yang terjadi mulai dari tanggal 10 Juli sampai 13 Juli 2023,

Koordinator Bidang Ob­servasi dan Informasi Sta­siun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon, Wil­hel­mina Paays menjelaskan, hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang masih akan terjadi dibeberapa kota/kabupaten di Maluku.

Kata dia, pada Senin (10/7) hujan sedang hingga lebat disertai petir/kilat terjadi di Kota Ambon, Kota Tual, SBB, Maluku Tengah, SBT, Buru, Buru Selatan, Maluku Tenggara dan Ke­pulauan Aru.

“Selain itu, waspada juga angin kencang yang ber­kisar kurang dari 45 km/jam, yang terjadi di Kabu­paten Maluku Tengah, Ke­pulauan Tanimbar, dan MBD,” jelas Paays kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Senin (10/7).

Jika dilihat per waktu, untuk Kota Ambon per Selasa (11/7) hujan masih akan terjadi sejak pukul 09.00-18.00 WIT, dan akan terlihat berawan tebal pada pukul 21.00 WIT.  Kemudian hujan lagi pada pukul 24.00 (dini hari) hingga pukul 09.00 WIT pada Rabu (12/7) pagi.

Baca Juga: Noija-Tuhumury Raih Duta Bahasa Maluku Tahun 2023

“Kondisi yang sama juga akan terjadi di kabupaten lainnya seperti di Namrole, dimana pukul 09.00-15.00 WIT juga akan terjadi hujan disertai kilat, dan akan terlihat berawan pada pukul 18.00, 24.00 dan 03.00 WIT. Sementara pada pukul 21.00, 06.00 dan 09.00 WIT, hujan masih akan terjadi,” tuturnya.

Untuk Masohi, lanjut dia, hujan akan terjadi sejak pukul 09.00 WIT pada Selasa 11 Juli, hingga pukul 09.00 WIT pada Rabu (12/7). Dan untuk Namlea, Piru, Dobo, Saumlaki, dan Tiakur, intensitas hujan per tanggal 11-12 Juli akan berkurang, dan itu berimbang dengan kondisi berawan.

Pada ada dua lokasi yang tidak terjadi hujan, tetapi pada waktu tertentu, terlihat awan tebal dan juga cerah, dan itu di Kota Tual dan Langgur. Sedangkan untuk Bula, hujan akan terjadi pada pukul 15.00 WIT. Selain itu, akan terlihat berawan gelap.

Sementara prakiraan cuaca per Rabu-Kamis (12-13/7), untuk Kota Ambon,  Namrole, Masohi, dan Piru, intensitas hujan masih terbilang cukup tinggi, hanya terlihat langit cerah untuk Kota Ambon, sekitar pukul 12.00 WIT per Rabu, 12 Juli, dan pada pukul 09.00 WIT pada Kamis 13 Juli.

Sementara untuk daerah lain, seperti di Tiakur, Saumlaki, Dobo, Langgur, Bula, Namlea dan Kota Tual, intensitas hujan berkurang, dan akan terlihat berawan dan langit cerah pada waktu-waktu tertentu.

“Seperti di Langgur, itu hujan hanya akan terjadi pada pukul 09.00 WIT, pada Kamis 13 Juli. Demikian juga dengan Tiakur dan Namlea, hujan hanya akan terjadi pada pukul 24.00 WIT (dini hari) dan Namlea pada pukul 18.00 WIT pada Rabu (12/7).

BMKG menghimbau warga untuk waspada hujan sedang dan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang sesaat di wilayah Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Te­ngah, Seram Bagian Timur, Buru, Buru Selatan, Maluku Teng­gara dan Kabupaten Kepulauan Aru.

“Waspada angin kencang 45 kilometer/jam di wilayah Kabu­paten Malteng, Kepulauan Tanimber, Maluku Barat Daya,” ujar Prakirawan BMKG Gina Batubara dalam rilis yang diterima Siwalima, Senin (10/7)

BMKG juga meminta warga waspada waspada hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang sesaat di wilayah Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, Buru, Buru Buru Selatan, Maluku Tenggara dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Waspada angin kencang 45 kilometer/jam di wilayah Kabu­paten Malteng, Kepulauan Tanim­ber, Maluku Barat Daya,” tutur­nya.

Waspada hujan sedang dan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang sesaat di wilayah Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, Buru, Buru Selatan, Maluku Tenggara, Kepulauan Aru, Ke­pulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

“Waspada  angin kencang 45 kilometer/jam di wilayah Ka­bupaten Malteng, Kepulauan Tanimber, Maluku Barat Daya,” ucapnya. (S-25)