AMBON, Siwalimanews – Kapal Motor (KM) Malagar Meranti mengalami mati mesin di perairan Pulau Babi, Kabupaten Kepulauan Dobo, Minggu (3/4).

Kapal berpenumpang 6 orang yang dinahkodai oleh Sani Goulap ini berangkat dari Desa Gomarmeti hendak menuju Dobo, ibukota Kabupaten Kepulauan Aru.

Beruntung tim SAR gabungan yang melibatkan Polairud Polda Maluku dan tim SAR Pos Dobo, berhasil mengevakuasi 6 orang penumpang Kapal tersebut.

“Operasi SAR dilakukan setelah tim sar gabungan mendapat kabar terjadinya kecelakaan kapal atau mati mesin di lokasi kejadian pada pukul 11.30 WIT, kapal diketahui mengangkut 6 orang. Terdiri dari dewasa 4 orang dan balita 2 orang,”jelas Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Harun Rosyid, kepada wartawan di Ambon, Senin (4/4).

Dikatakan, setelah mendapat informasi kejadian yang membahayakan keselamatan manusia di laut, Polairud kemudian berkoordinasi dengan Satpolairud Polres Kepulauan Aru dan SAR Dobo. Tim SAR gabungan kemudian berangkat menggunakan RIB milik SAR Pos Dobo.

Baca Juga: Far-Far: Pilkades Serentak Dipaksakan!

“Tim SAR berangkat pukul 12.00 WIT. Dan pukul 13.20 WIT pada posisi 05°.57’.769’’ S – 134°.16’.288’’ E tim SAR berhasil menemukan KM. Melagar Meranti dan selanjutnya mengevakusi 4 orang penumpang ke RIB SAR untuk menuju Dobo,” katanya.

Dengan ditemukannya kapal dan mengevakuasi penumpang dengan selamat, maka operasi SAR dinyatakan selesai. (S-10)