AMBON, Siwalimanews – Bank Indonesia mencatat Indeks Harga Konsumen (IHK) gabungan kota di  Maluku bulan Maret 2024, mengalami deflasi.

Deputi kepala Perwakilan BI Maluku Dicky R Afriyanto dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Rabu (3/4) menjelaskan, angka realisasi gabungan kota IHK di Maluku secara bulanan mengalami deflasi sebesar 0,46 persen (mtm).

“Meskipun mengalami deflasi, angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan realisasi Februari 2024, yang mengalami deflasi 1,19 oersen (mtm),” jelasnya.

Selain itu kata Dicky, inflasi gabungan kota di Maluku jauh lebih rendah dibandingkan dengan angka inflasi nasional sebesar 0,52 persen (mtm). Deflasi tercatat dari Kabupaten Malteng sebesar 1,16 persen (mtm), Kota Ambon 0,27 persen (mtm) dan Kota Tual 0,03 persen (mtm).

Rendahnya inflasi gabungan kota di Maluku ini didorong oleh angka inflasi pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang masih mengalami deflasi.

Baca Juga: Dipanggil Komisi IV, Sangadji : Tergantung Arahan Pimpinan

“Kelompok komoditas tersebut tercatat mengalami deflasi 1,67 persen (mtm), dan ini meningkat dibanding bulan sebelumnya yang mengalami deflasi 2,90 persen (mtm),” rincinya.

Sementara deflasi kelompok komoditas ini menurutnya, bersumber dari ikan layang dan ikan cakalang dengan andil masing-masing sebesar 0,20 persen (andil, mtm) dan 0,18 persen (andil, mtm).

“Terjadinya deflasi pada komoditas perikanan ini sejalan dengan tingkat gelombang laut yang cenderung tenang-rendah, sehingga berpengaruh pada tingginya pasokan ikan di Maluku, utamanya di Kabupaten Maluku Tengah,” tandasnya.

Sementara secara tahunan lanjutnya, pada bulan Maret, tekanan inflasi gabungan kota IHK di  Maluku terkendali tercatat sebesar 2,75 persen (yoy).

Untuk menghadapi risiko kedepan, khususnya ketergantungan terhadap daerah sentra di luar daerah, TPID Provinsi maupun kabupaten kota harus merumuskan berbagai strategi untuk menurunkan risiko tekanan inflasi ke depan.

“Salah satu kegiatan yang dilakukan pada bulan Maret 2024 adalah kegiatan pasar murah, baik di Ambon, Tual, maupun Maluku Tengah dan rapat TPID dalam rangka persiapan Idul Fitri oleh serta sidak pasar dan distributor oleh TPID Provinsi Maluku,” katanya.(S-25)