AMBON, Siwalimanews – Menjelang hari raya Idul Fitri, Basarnas Ambon bersama stakeholder melaksanakan siaga SAR khusus angkutan lebaran tahun 2024.

Hal ini dilakukan guna mendukung pengendalian dan pengaturan jasa transportasi, khususnya di wilayah perairan Maluku dan sekitarnya. Persiapan pasukan maupun alat utama (alut) dilakukan dalam apel kesiapsiagaan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriyah yang dilaksanakan di halaman serbaguna Kantor SAR Ambon, Rabu (3/4).

Kepala Kantor SAR Ambon Muhammad Arif Anwar merincikan, sebanyak 108 personel yang tersebar di Unit Siaga SAR SBT, Unit Siaga SAR Aru, Pos SAR Saumlaki, Pos SAR Tual, Pos SAR Namlea, dan Pos SAR Banda disiagakan ditempat rawan bencana.

“Para personel ini disiagakan dengan pergerakan-pergerakan ke tempat-tempat yang rawan terjadi bencana/musibah seperti tempat wisata, pelabuhan dan juga bandara,” ujarnya.

Selain personel kata Anwar, Kantor SAR Ambon juga menyiagakan alat utama berupa KN SAR Abimanyu, KN SAR Bharata, Rigit Inflatable Boat (RIB), Rigit  Buoyancy Boat (RBB), Rescue Car, Rescue Truck, Drone Thermal, Peralatan Selam, Peralatan Emergency Kit (Medis), dan Peralatan Aqua Eye.

Baca Juga: Rakerpim Unpatti 2024 Digelar, Ini Pesan Rektor

“Hari ini, pelaksanaan siaga SAR khusus Lebaran dibuka secara resmi oleh Kabasarnas secara virtual di Kantor Pusat Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat. Pelaksanaan siaga SAR khusus dilaksanakan selama 16 hari (3- 18 April). Kantor SAR Ambon yang tergabung dalam Posko Terpadu Angkutan Mudik Lebaran Provinsi Maluku, nantinya melakukan mobile patroli setiap hari ke tempat-tempat Wisata, Pelabuhan, dan juga Bandara,”pungkasnya.

Dirinya berharap, pelaksanaan siaga SAR khusus berjalan dengan lancar, aman, dan tidak ada kejadian-kejadian yang dapat merugikan masyarakat sekitar.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat Maluku dan sekitarnya yang melakukan mudik menggunakan transportasi laut agar tetap berhati-hati dan tetap mengutamakan keselamatan,”imbau Anwar.

Usai Apel Gelar Pasukan, Kepala Basarnas Ambon melepas konvoi kendaraan dan personel yang terlibat dalam siaga SAR khusus Lebaran tahun 2024.(S-10)