AMBON, Siwalimanews – Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan uang kertas pecahan Rp 75 ribu untuk dipakai sebagai alat pembayaran yang sah.

Peluncuran uang kertas ini, bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indoensia ke-75, Senin (17/8).

“Dalam peringatan 75 tahun Kemerdekaan RI Sebagai wujud rasa syukur, Menteri Keuangan dan BI mengeluarkan uang 75 tahun Kemerdekaan RI yang akan di cetak sebanyak Ro 75 juta,” ucap  Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku, Noviarsano Manullang dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Senin (17/8).

Menurutnya, wajah Proklamator Kemerdekaan Soekarno dan Mohammad Hatta dipilih sebagai gambar dari pecahan uang tersebut dengan latar momen bersejarah pengibaran bendera Merah Putih pada tahun 1945 silam.

Banyak masyarakat belum mengetahui adanya uang kertas pecahan Rp 75 ribu. Namun, untuk penukaran uang baru ini, dapat melalui salah satu aplikasi BI. Uang kertas pecahan Rp 75 ribu ini sudah beredar dan dapat digunakan masyarakat Maluku.

Baca Juga: Satgas Aman Nusa II Hujani Kayu Putih dengan Cairan Disinfektan

Ditengah Pandemi Covid-19, Kantor Perwakilan BI Maluku tetap optimistis dalam membangun masa depan daerah ini melalui distribusi rupiah yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Rupiah sebagai mata uang nasional, harus tetap dijunjung tinggi dan menjadi simbol kedaulatan negara,” pungkasnya

Peluncuran uang ini serentak dilakukan diseluruh Indonesia, secara virtual melalui  video conference. (Mg-5)