AMBON, Siwalimanews – PLN siap mendukung ekosistem mobil listrik di Kota Ambon. Hal ini disampaikan oleh PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) dengan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Ambon/Hyundai Ambon melalui PT Tridharma Auto Mobilindo selaku dealer resmi Hyundai yang ada di Provinsi Maluku pada Selasa (6/7) yang dilaksanakan secara virtual.

Pada kesempatan ini, General Manager PLN UIW MMU Adams Yogasara menuturkan bahwa PLN sangat menyambut baik hadirnya mobil listrik di Provinsi Maluku khususnya di Kota Ambon.

“Sebelumnya kami telah melaunching Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Maluku dan Maluku Utara yang telah dipasang di Kota Ambon yang berlokasi di depan Kantor PLN Ambon, jalan Sultan Hairun pada bulan April 2021 dan akan ditambah lagi di Kota Ternate, Maluku Utara. Alhamudillah kini mobil listrik telah hadir di Ambon dan tentunya kami siap untuk dukung ekosistem pendukungnya”, ujar Adams dalam rilis yang diterima Siwalima, Rabu (7/7).

Adams mengatakan, memang untuk charging port yang tersedia di SPKLU Kota Ambon saat ini masih khusus untuk motor listrik dan sepeda listrik.

“Tentunya dengan adanya kehadiran mobil listrik oleh Hyundai di Ambon ini dalam waktu dekat kami akan segera hadirkan charging port untuk mobil listrik di SPKLU kami yang sudah ada di Ambon,” katanya.

Baca Juga: Wagub Sekeluarga Jalani Vaksinasi

Selaras dengan hal tersebut, Presiden Direktur PT Tridharma Auto Mobilindo, Roberth Tanamal menyambut baik rencana PLN untuk segera menghadirkan tambahan charging port untuk mobil listrik di Kota Ambon.

“Tentu ini sudah sejalan dengan yang ingin kami sampaikan ke PLN untuk mendukung infrastruktur pendukung mobil listrik kami (Hyundai) di Ambon. Harapan kami ke depan juga ada penambahan SPKLU lagi untuk beberapa titik di Provinsi Maluku serta sosialisasi bersama terkait mobil listrik kepada masyarakat,” tutur Roberth.

Sebagai informasi bahwa PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Ambon/Hyundai Ambon melalui PT Tridharma Auto Mobilindo telah menghadirkan mobil listrik di Ambon sekaligus melaunching dealer resmi Hyundai pertama di Maluku pada akhir Juni 2021 .

Dengan hadirnya mobil listrik ini, PLN berharap dapat bersinergi de­ngan Hyundai Ambon dan juga Pem­prov Maluku dan Pemkot Ambon untuk terus mendukung era Kenda­raan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Provinsi Maluku yang dimulai di Ambon. PLN terus berkomitmen untuk dapat mengak­se­lerasi pembangunan infrastruktur pendukung bagi KBLBB di Indonesia serta mendorong gaya hidup berbasis listrik atau ectrifying lifestyle dengan penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan. (S-19)