MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua mengatakan, peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun ini, harus memberikan semangat tinggi guna membangun bangsa Indonesia terlebih kabupaten ini.

“Dirgahayu Bangsaku, Dirgahayu Negeriku, semangat peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia mesti menyemangati kita semua tanpa kecuali untuk memajukan bangsa dan negara tercinta terlebih kabupaten ini,” tandas Bupati dalam sambutannya disela sela ramah tamah peringatan HUT RI ke-75 di Baileo Soekarno Masohi, Senin (17/8).

Dijelaskan, Kemerdekaan Indonesia yang berlangsung selama 75 tahun ini, harus benar-benar berdampak pada peningkatan kualitas hidup rakyat. Peningakatan kualitas hidup tidak hanya menjadi bagian dari tanggung jawab pemerintah semata, namun juga tanggung jawab bersama seluruh elemen yang ada.

“Memajukan bangsa dan negara adalah tanggung jawab kita bersama, tidak semata-mata hanya bagian dari tanggung jawab pemerintah semata-mata. Kualitas kehidupan berbangsa hari ini harus terus kita tingkatkan ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Dikatakan, sejalan dengan tema nasional peringatan HUT RI ke-75 tahun ini adalah “Indonesia Maju”, maka sudah tentu semua elemen harus bekerja sama, bersinergi melakukan perubahan, inovasi guna mengalami kemajuan yang diharapkan.

Baca Juga: Upacara HUT Kemerdekaan di Aru Berlangsung Hikmat

Berkaitan dengan itu kata Tuasikal, mengingat Pandemi Covid-19 yang sampai hari ini masih terus melanda dunia, secara tidak langsung telah memberikan dampak serius bagi pembangunan bangsa dan negara termasuk Malteng.

Olehnya sinergi semua elemen dibutuhkan untuk menangkal dan menanggulangi Pandemi Covid-19 yang terus melanda dunia ini.

“Pandemi Covid-19 harus terus kita perangi bersama, kita harus keluar dari masalah ini, sebab secara tidak langsung masalah ini telah mengakibatkan banyak masalah, telah mengakibatkan banyak orang kehilangan pekerjaan, menghambat pembanguan daerah bangsa dan negara, olehnya kita harus tetap maju bangkit bersama-sama melawan masalah ini,” ujarnya.

Abua menyakini, dengan semangat peringatan HUT RI ke-75 tahun ini, dengan sinergitas dan kerjasama, serta kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan dan seluruh anjuran yang ada, niscaya Malteng akan bisa bebas dari Pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini. (S-36)