MASOHI, Siwalimanews – Hari kedua kunjung kerja sekaligus berkantor di kecamatan, Penjabat Bupati Malteng Rakib Sahubawa menyambangi Kecamatan Leihitu Barat, Jumat (22/9).

Dalam agenda kerjanya di kecamatan itu, Sahubawa kemudian mengucurkan sejumlah bantuan hingga meluncurkan program kerja dan langsung di eksekusi di lapangan.

Dalam arahannya, Sahubawa kembali minta perangkatnya serta pemerintah kecamatan dan para kepala pemerintahan negeri untuk tetap memprioritaskan masalah program ke penanganan kemiskinan ekstrim guna peningkatan kesejahteraan masyarakat, masalah stunting, stabilitas keamanan serta kualitas pendidikan.

“Tingkatkan kesejahteraan masyarakat, ciptakan dan tingkatkan stabilitas keamanan dan ketertiban di Leihitu Barat, tingkatkan pelayanan posyandu, naikan insentif kader posyandu di semua negeri,” pinta Sahubawa dalam amanatnya.

Untuk itu kata Sahubawa, proses pendataan dan verifikasi data kemiskinan dan kemiskinan ekstrim harus secepatnya di lakukan. Instruksi itu kemudian ditindak lanjuti dengan penyaluran bantuan pangan nasional dalam bentuk beras kualitas baik sebanyak 40 ton yang menyasar 1.334 keluarga penerima manfaat.

Baca Juga: GMPR Desak Kejati Maluku Periksa Wabup Bursel Soal Anggaran Stunting

Tak hanya itu Sahubawa pun meminta dinas terkait melakukan pendistribusian tenaga guru secara merata serta meminta inovasi guru bergerak dari satu sekolah ke sekolah lainnya setiap tiga  bulan.

Langkah nyata pun dilakukan saat bupati berkunjung di Desa Alang, dimana pihak Disdukcapil lagsung melakukan pelayanan pencatatan sipil di lapangan serta memberikan sosialisasi akses permodalan dan kerjasama pemerintah, bank dan bisnis oleh Dinas Koperasi untuk para pelaku UMKM di Leihitu barat.

Secara khusus dalam kunjungannya di kecamatan itu, penjabat bupati pun berkunjung ke seluruh negeri di  Leihitu Barat. Saat tiba di Negeri Wakasihu, Sahubawa langsung meninjau pengembangan sarana olahraga sepak bila dengan peremajaan lapangan oleh  Dinas PU Pariwisata Pemuda olahraga.

Sementara di Negeri Larike, Sahubawa meninjau pengembangan hidroponik dan langsung direspon dan eksekusi oleh kadis tanaman pangan dan hortikultura. Sementara untuk Negeri Alang dilakukan pembangunan jaringan Telkomsel oleh Dinas Kominfo serta peninjauan lokasi Koramil persiapan dan di eksekusi oleh Dinas Kesbangpol bekerja sama dengan Kodim 1502 Pulau Ambon, melalui anggaran hibah daerah.

Sahubawa menegaskan, Pemkab Malteng akan terus membangun kerja sama dan sinergis dengan aparat keamanan (TNI/Polri) agar situasi ketertiban dan keamanan masyarakat dapat terus diperlihatkan.

“kita akan bangun secara berkelanjutan dan dikoordinasikan dengan Dandim Ambon agar upaya membangun markas Koramil persiapan di Kecamatan Leihitu Barat dapat benar benar berjalan sesuai harapan,” ucap Sahubawa.

Tak sampai disitu Sahubawa juga berkunjung ke Negeri Hattu, dalam kunjungannya itu Sahubawa meninjau pembangunan jalan yang sedang dikerjakan oleh Dinas PU dan berkoordinasi dengan Dinas PU Provinsi Maluku.(S-17)