AMBON, Siwalimanews – Jelang pesta demokrasi 2024, Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara (BEM) Daerah Maluku gelar dialog publik dengan tema “Upaya Mahasiswa dan Milenial Meneropong Pemimpin Yang Ideal Menuju Pesta Demokrasi 2024”.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Fisip Unpatti, Poka, Selasa (7/11) menghadirkan

Rektor Universitas Pattimura, Prof  M J Sapteno.

Dalam sambutannya, rektor berharap, diskusi ini dapat memberikan pemahaman dan pencerahan kepada para mahasiswa dan kaum milenial untuk mampu melihat sosok pemipimpin yang memiliki ide, inovasi dan kreativitas serta mampu memberikan tindakan nyata bagi masyarakat dan pembangunan bangsa dan daerah ini ke depan.

“Terutama mahasiswa ini kan memiliki posisi dan kedudukan yang strategis. Dengan demikian, mahasiswa harus mampu berfikir kritis, khususnya dalam meneropong pemimpin yang ideal,”katanya.

Baca Juga: 714 Caleg DPRD Provinsi Masuk DCT Pemilu

Dan untuk meneropong seorang pemimpin yang ideal, lanjutnya, tentu diperlukan kajian-kajian mendalam dengan data ilmiah tanpa membawa kepentingan apapun.

Sementara itu, Koordinator Daerah Maluku Adam R Rahantan juga mengaku,

apa yang dilakukan ini merupakan kepedulian mahasiswa dan milenial terhadap politik Indonesia, serta upaya untuk mencerdaskan mahasiswa dalam memilih pemimpin yang tepat untuk masa depan negara ini.

“Sebenarnya, ini kesempatan kami para mahasiswa untuk memanfaatkan momentum, sehingga dapat menguji kapasistas calon pemimpin 2024,”katanya.

Dikatakan, mahasiswa mempunyai peran penting sebagai garda intelektual untuk menentukan kriteria calon pemimpin ideal yang sesuai dengan kebutuhan negara dan bangsa saat ini. Dengan itu diharapkan, melalui diskusi ini, bisa menciptakan ruang dialog bagi mahasiswa dalam merekomendasikan strategis terkait kriteria pemimpin ideal dengan melihat permasalahan yang terjadi di Indonesia. Mulai dari sudut pandang politik, ekonomi hingga kesejahteraan rakyat.

Koordinator BEM Nusantara  Maluku-Papua, Dinar R Aminuddin juga menambahkan, bahwa melihat agenda politik 2024, sehingga BEM Nusantara menginisasi untuk melakukan diskusi ini, sehingga diharapakan mahasiswa dan milenial dapat mengambil peran dengan baik dalam menyongsong pesta demokrasi mendatang.

“Apalagi, pada diskusi ini juga menghadirkan para narasumber, yang diharapkan dapat memberikan wawasan demi perkuat peran mahasiswa dan milenial untuk memiliki pandangan yang murni dan tajam,”katanya.

Diketahui, turut hadir dalam kegiatan ini, pengurus BEM pusat, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Almuni, Prof Jusuf Madubun, Dekan Fakultas ISIP Unpatti, Wahab Tuanaya, para Wakil Dekan dalam Lingkup FISIP Unpatti., Perwakilan KPU dan Bawaslu Provinsi Maluku., para Presiden Mahasiswa Lingkup se-Maluku Perwakilan DPM/BEM Perguruan Tinggi Negeri/Swasta Maluku, Perwakilan mahasiswa FISIP Unpatti dan tamu undangan.

Dengan Narasumber yang dihadirkan,  yaitu Almudatsir Sangadji (Komisioner KPU Provinsi Maluku), Subair (Ketua Bawaslu Provinsi Maluku), Paulus Koritelu (Akademisi Fakultas ISIP Universitas Pattimura), Arman Kalean (Ketua DPD KNPI Provinsi Maluku). (S-25)