AMBON, Siwalimanews – DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Ambon  menggelar musyawarah cabang (Muscab) IX, yang digelar di gedung Azhari, Kota Ambon, yang berlangsung Sabtu (20/11) hingga Minggu (21/11).

Muscab tersebut sebagai ajang memperkuat konsolidasi kader partai berlambang Kabah tersebut.

Ketua DPW PPP Maluku, Aziz Hentihu, mengatakan Muscab merupakan kewajiban sesuai konstitusi PPP siklus lima tahunan untuk menguatkan, mengkonsolidasikan ulang kelembagaan atau institusi DPC, khususnya di Kota Ambon.

“Guna untuk menciptakan kelembagaan politik yang lebih kuat, lebih solid lebih kapabel, dan tentu saja lebih adaptif, bisa mengatasi sesuai dinamika sosial dan budaya politik di kita Ambon sebab politik sangat dinamis, “ kata Hentihu, kepada wartawan.

Tentu saja kata Hentihu, dalam muscab nanti akan dilakukan  evaluasi LPG masa bakti DPC PPP Kota Ambon lima tahun yang lalu. Bahkan menyiapkan desain kelembagaan.

Hentihu juga mengatakan, sekalipun PPP adalah Partai yang berasas Islam, namun PPP memiliki jiwa nasionalis.

“PPP asasnya Islam namun jiwanya Nasionalis Kita punya pengurus di seluruh Indonesia yang juga non muslim, protestan ada katolik,” ucap Hentihu.

Sementara itu, untuk calon ketua DPC PPP Kota Ambon, Aziz Hentihu menyebutkan dua orang calon yakni Taha H. Abu Bakar dan Andi Rahman.

“Calon ketua DPC pak Andi Rahman dan pak Taha juga belum mau nampak, siapapun yang jadi amanat saya dijaga dan diawasi penuh, oleh DPW PPP Maluku,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Muscab IX DPC Kota Ambon, Andi Rahman menyampaikan, pembukaan Muscab IX PPP Kota Ambon, berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.

“Pembukaan Muscab berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan kita,” kata Andi.

Sementara itu, untuk calon ketua DPC PPP Kota Ambon, Andi sampaikan belum ada yang menyatakan diri untuk maju sebagai calon kandidat.

Sampai saat ini belum ada calon yang menyatakan sikap untuk maju. Sesuai kebiasaan PPP, mengalir saja, tergantung PO PPP, formatur.

“Kalau bisa musyawarah mufakat ya kita tempuh. Sampai pada malam ini belum ada yang menyatakan diri maju sebagai kandidat,” pungkasnya. (S-51)