AMBON, Siwalimanews – Stadion Al Thumama akan menjadi venue per­tandingan antara Be­landa dan Senegal pada matchday perta­ma piala dunia Qatar tahun 2022, pada Se­lasa (22/11) dini hari atau pukul 01.00 WIT

Kedua tim terga­bung dalam Grup A bersama Qatar dan Ekuador yang sebe­lumnya telah berlaga di per­tan­di­ngan pembuka.

Belanda sendiri me­miliki ambisi untuk bisa meraih kemena­ngan di laga perdana ini, demi bisa melaju ke babak 16 besar. Be­landa yang merupakan runner up piala dunia 2010 ini, dipastikan akan berupaya keras menjuarai kompetisi empat tahunan ini untuk pertama kalinya.

Demikian juga dengan Senegal yang memiliki kepercayaan diri tinggi untuk menghadapi Belanda,  setelah Sadio Mane dan kawan-kawan menjuarai Piala Afrika 2021 kemarin.

Dari 26 pemain yang resmi dirilis Senegal untuk dibawa ke Qatar, yang menjadi sorotan adalah nama Sadio Mane yang ikut masuk, padahal sebelumnya pemain Bayar Munchen ini dikabarkan mengalami cedera.

Baca Juga: Awali Piala Dunia 2022 Qatar vs Ekuador

Mantan penyerang Liverpol ini kabarnya mengalami cedera saat melawan Werder Bremen di Liga Jerman.  Namun entah mengapa, federasi sepak bola Senegal tetap mengikutsertakan Sadio Mane.

Bahkan kabar yang terdengar, cidera yang dialami mana akan disembuhkan dengan metode penyembuhan tradisional ala dukun. Walaupun jika nanti metode penyembuhan ini tak berjalan sesuai rencana dan Senegal tak diperkuat Mane, namun juara Afrika ini masih memiliki beberapa pemain bintang, yakni dua pemain Chelsea yakni, Eduard Mendy dan Kalidou Koulibaly, dan ada pula pemain yang merumput di eropa yakni Idrissa Gueye serta beberapa nama lainnya.

Tim Belanda juga bukanlah tim yang mudah untuk ditaklukan, sebab runner up piala Dunia 2010 itu, akan tampil dengan skuad terbaiknya demi bisa meraih kemenangan perdana di Piala Dunia 2022.

Jika dilihat dari ranking FIFA, Senegal ada jauh dibawah Belanda. Dimana Memphis Depay dan kolega berada di ranking 8 dunia, sedangkan Senegal di peringkat 18. Ini membuktikan Tim Oranje memiliki catatan lebih baik pada laga internasional resmi.

Walaupun demikian Timnas Belanda perlu mewaspadai Sadio Mane dan kolega, sebab ditakutkan kejadian yang pernah dialami Prancis saat pertandingan pembuka melawan Senegal di Piala dunia 2002 di Korea-Jepang, dimana saat itu Senegal menaklukan Prancis dengan skor 1-0.

Padahal saat itu Prancis diperkuat Patrick Viera, Zinadine Zidane, Thierry Henry dan David Trezequet. Bahkan pada piala dunia 2002 saat itu, Senegal lolos sebagai runer up ke fase knok out  mendampingi Denmark.

Untuk itu tim Belanda patut mewaspadai jangan sampai menjadi mimpi buruk di piala dunia kali ini.

Prediksi Line Up

Senegal (4-3-3) : Eduard Mendy ; F. Mendy, K. Koulibaly, P. Cissé, I. Jakobs ; N. Mendy, I. Gueye, I. Sarr ; K. Diatta, B. Dia, N Fall

Belanda (3-4-1-2): Pasveer; Van Dijk, Ake, Timber; Blind, De Jong, Koopmeiners, Dumfries; Gakpo, Depay, Bergwijn. (S-06)