AMBON, Siwalimanews – Menjelang Natal dan Tahun Baru, Kantor SAR Ambon menyiagakan kurang lebih 98 personel guna mendukung pengendalian dan pengaturan jasa transportasi, khususnya di wilayah Maluku dan sekitarnya, jelang libur panjang dan hari besar umat kristiani.

Siaga pasukan ditandai dengan apel kesiapsiagaan yang bertempat di lapangan serbaguna Kantor SAR Ambon, Jumat (17/12).

Tak hanya SDM, Basarnas Ambon juga menyiagakan alat utama berupa KN SAR Abimanyu, KN SAR Bharata, Rigit Inflatable Boat (RIB), Rescue Car, Rescue Truck, dan peralatan emergency kit.

Puluhan personel berasal dari Unit Siaga SAR Dobo, Pos SAR Saumlaki, Pos SAR Tual, Pos SAR Banda, dan Pos SAR Namlea, disiagakan dengan pergerakan-pergerakan ke tempat-tempat yang rawan terjadinya musibah, seperti tempat-tempat wisata, pelabuhan, dan bandara.

Kabasarnas RI Marsdya TNI Henri Alfiandi dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Basarnas Ambon Mustari mengatakan, Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 akan dilaksanakan selama 19 hari yang dimulai dari tanggal 17 Desember hingga 4 Januari 2022.

Baca Juga: Pasca Gempa Damer, GPM Lakukan Teraphy Psikososial Anak

“Basarnas melaksanakan Siaga SAR Khusus tahun ini dengan tujuan terwujudnya Pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal ( Quick Response SAR). Kita akan tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi tupoksi dari Basarnas. namun kita juga jangan lengah, tupoksi Basarnas tidak hanya pada Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru saja tapi juga masih banyak potensi terjadi kecelakaan dan bencana yang memerlukan perhatian kita,” tandas Mustari.

Pelaksanaan Siaga SAR Khusus tahun ini ada yang istimewa. Hal tersebut dikarenakan bersamaan dengan hari jadi ke 9 Basarnas spesial grup (BSG).

“Basarnas Ambon memiliki putra-putra terbaik yang pernah bertugas di BSG walaupun ada beberapa yang sudah dikembalikan ke daerah. Bersamaan dengan pelaksanaan Nataru kita juga merayakan HUT ke 9 BSG, harapannya semoga kedepannya makin profesional lagi,” harapnya.

Usai apel gelar pasukan, Kepala Basarnas Ambon melepas konvoi kendaraan dan personel yang terlibat dalam Siaga SAR khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. (S-45)