AMBON, Siwalimanews – PT. Bank Maluku Malut kembali berhasil menorehkan kinerja cemerlang di tahun 2020 meraih penghargaan “Infobank Top BUMD Awards 2021” dengan predicate “the best” For The Financial Performance During September 2019–2020

Penghargaan ini diberikan oleh majalah Infobank dan The Asian Post pada ajang High Level Forum & Awarding Ceremony di Financial Hall, Jakarta, Rabu, 31 Maret 2021 dan diterima secara langsung oleh Direktur Pemasaran selaku pelaksana tugas Direktur Utama Bank Maluku Malut, Yetty Likur.

Bank Maluku Malut berhasil menjadi salah satu BPD terbaik pada kategori modal inti Rp. 1 Triliun sampai dengan di bawah Rp. 5 Triliun (BUKU 2,) dengan aset di bawah Rp. 10 triliun. Pada “Rating BUMD Keuangan Versi Infobank 2021”.

Tidak hanya rating, indikator kinerja keuangan PT. Bank Maluku Malut juga menunjukkan pertumbuhan positif. Aset Bank Maluku Malut tercatat masih mampu tumbuh double digit.

Sementara itu, tiga indikator utama keuangannya, yakni kredit, Dana Pihak Ketiga (DPK), dan modal inti juga masih tumbuh dengan baik meski di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kecolongan, PNS Terpapar Disertakan Dalam Pelantikan

Bank Maluku Malut dalam rilis yang dikirim ke Siwalima, Sabtu (10/4) menyebutkan,  sebanyak 60 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) meraih penghargaan “Infobank Top BUMD Awards 2021”, dimana peraih penghar­gaan tersebut terdiri atas 22 BPD, 32 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) milik pemda, dan 6 Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) milik Pemda.

Penghargaan Infobank Top BUMD Awards 2021 diberikan atas dasar kajian biro riset Infobank bertajuk Rating BUMD 2020 atas kinerja keuangan BUMD tahun 2020.

Untuk BUMD berbentuk BPD, laporan keuangannya menggu­nakan data hingga periode De­-sem­ber 2020. Sementara, BUMD berbentuk BPR/BPRS menggu­na­-kan laporan keuangan per September 2020 atau triwulan ketiga.

Penghargaan yang diterima oleh bank-bank milik pemda ini membuktikan bahwa kinerja industri BPD, BPR, dan BPRS masih tumbuh positif di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi.

Bahkan, biro riset Infobank mencatat, pertumbuhan kinerja lembaga perbankan daerah ini lebih tinggi disbanding kinerja industri perbankan nasional pada beberapa pos keuangan.

“Untuk itu kami memberikan apresiasi dengan pemberian penghargaan Infobank Top BUMD Awards 2021 ini. Peran BUMD sebagai lembaga keuangan penggerak perekonomian di daerah sudah seharusnya didukung oleh share holders dan seluruh stake holders agar semakin baik kinerjanya, terlebih dalam masa pemulihan ekonomi nasional seperti sekarang ini,” papar Eko B Supriyanto, Direktur Biro Riset Infobank dalam sambutannya.

Acara Infobank Top BUMD Awards 2021 dilangsungkan secara hybrid. Selain di Financial Hall Jakarta, juga bisa disaksikan secara daring melalui aplikasi zoom dan channel youtube Infobank TV, dan acara ini diawali dengan seminar bertema Tantangan Agen Pembangunan Daerah Pasca Pandemi Covid-19 : Kunci Sukses Transformasi Setelah Disahkannya PP No. 54 Tahun 2017″. (S-19)