AMBON, Siwalimanews – Bandara Internasional Pattimura Ambon melaksanakan apel dalam rangka memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional.

Apel yang berlangsung dibawah sorotan tema Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha itu, dipimpin General Manager Bandara PattimuraShively Sanssouci di Bandara Pattimura, Senin (22/1).

“Apel ini menandai komitmen secara terus menerus dan konsistensi terhadap upaya keselamatan dan kesehatan para pekerja di lingkungan Bandara Pattimura,” ucap Sanssouci.

Menurutnya, urgensi pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul, khususnya dalam membentuk budaya K3 yang baik, salah satu kunci penting dari pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul adalah, dengan membangun budaya K3 yang unggul.

Maka dengan adanya budaya K3 yang baik, dapat menekan angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja secara signifikan.

Baca Juga: Penanganan Ruas Jalan di Maluku Terkendala Ijin Kawasan Hutan

“Kepada semua pemangku kepentingan, saya ajak untuk kita konsisten melakukan koordinasi, sinergi dan kolaborasi dalam upaya meningkatkan kemandirian berbudaya K3 dengan terus menggelorakan K3 di setiap kesempatan, sehingga tercipta pelaksanaan K3 secara mandri dan dapat mendukung arah kebijakan dan tujuan K3 nasional, yakni menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, sehat menuju kecelakaan nihil, guna meningkatkan produktivitas secara nyata di lingkungan bandara,” ucapnya.

Pada apel yang turut dihadiri para pemimpin dan perwakilan stakeholder dari berbagai sektor, sebagai tindak lanjut dari penerapan norma ketenagakerjaan dan K3 di lingkungan Bandara Pattimura Ambon, sekaligus dilakukan penandatanganan komitmen K3 bersama, oleh GM Bandara Pattimura beserta jajaran dan para perwakilan stakeholder yang beroperasi di area bandara.

Ini merupakan bukti nyata dan keseriusan untuk bersama-sama menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan  award yang diberikan secara langsung oleh GM Bandara Pattimura kepada 3 unit kerja pemenang dengan kategori pelapor tergiat, yakni Airport Facilities, Equipment and Technology Section, Airport Rescue Fire Fighting, and Security Section, dan Airport Operation Section.(S-25)