AMBON, Siwalimanews – Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPRD Provinsi Maluku Andi Munaswir mengingatkan,  Pemerintah Provinsi Maluku agar memperhatikan anggaran makan minum bagi para siswa di SMA Siwalima.

Menurutnya, anggaran makan dan minum harus menjadi perhatian serius di tahun ini, sebab sepanjang tahun 2023 kemarin, terjadi persoalan menyangkut anggaran yang tidak berbanding lurus dengan jumlah siswa yang diterima.

Ini disebabkan, di tahun 2023, Dinas Pendidikan dan DPRD hanya menyepakati anggaran makan minum untuk 70 siswa, namun setelah mempertimbangkan berbagai factor, maka dinaikan menjadi 90 siswa, tetapi dalam perkembangannya justru siswa yang diterima melebihi jumlah tersebut.

Bahkan, untuk tahun 2023 jumlah siswa yang diterima mencapai 106 orang, artinya akan berdampak pada makan dan minum yang harus didapatkan siswa.

“Memang soal masalah kekurangan biaya makan minum pada SMA Siwalima Maluku ini saya sudah sampaikan berulang kali, termasuk dalam kata akhir fraksi kemarin agar diperhatikan, sebab ini akibat dari pada penerimaan siswa baru yang melebihi kapasitas,” ujar Munaswir.

Baca Juga: Bersama Panwaslu, Polsek Kisar Laksanakan Program Jumat Curhat

Kondisi ini kata Munaswir, mengakibatkan siswa-siswi berprestasi yang adalah harapan masa depan Maluku terpaksa harus makan seadanya sesuai dengan ketersediaan anggaran.

Untuk itu, di tahun ini, pemprov  mau tidak mau harus menambah anggaran bagi makan dan minum siswa agar nutrisi yang diperoleh juga sesuai dengan standar.(S-20)