AMBON, Siwalimanews – Aurega Putra Latuconsina resmi menjabat Ketua Umum Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Maluku periode 2022-2026, usai dikukuhkan oleh Ketua Umum  Kodrat, Bambang Soesatyo, di Swissbell Hotel, Selasa (26/7).

Dalam sambutannya, Bamsoet sapaan akrab Bambang Soesatyo meminta agar di PON yang akan berlangsung tahun 2024 mendatang, Kodrat Maluku dapat meraih medali emas.

“Saya berharap nantinya di PON 2024 di Medan nantinya kalian mampu meraih emas dari Maluku ini. Kalau saya lihat dari otot-otot pemuda-pemuda Maluku yang tadi kita lihat peraga saja, saya percaya mampu meraih emas tersebut,” pinta Bamsoet.

Dikatakan, Tarung Derajat ini merupakan cabang olahraga yang memiliki jurus-jurus dan memiliki teknik, memiliki seni yang tidak kalah dengan cabang olah raga bela diri lainnya.

“Tugas kita sekarang adalah mengembangkan, menjaga ini sampai bela diri ini dikenal di mana-mana. Saya bertekad melakukan berbagai exhibition dengan meli­batkan para influencer para insta­gramable para artis untuk exhibition di berbagai tempat untuk menun­jukkan bahwa kita punya beladiri yang lahir dari Bumi Pertiwi,” kata­nya.

Dikatakan, suatau kebanggaan buat Maluku jika mampu meraih emas sebanyak-banyaknya di PON nantinya.

“Kita bersyukur dalam hal ini kita memiliki gubernur yang telah dikukuhkan sebagai ketua KONI pada bulan Maret lalu dan menjadi pembina. Kami berharap bisa menerima keberadaan Tarung Derajar ini di Maluku,” katanya.

Ketua Dewan Pembina Kodrat Maluku, Jaqueline Sahetapy dalam sambutannya mengatakan, seba­gaimana yang telah  disampaikan  bahwa keberadaan Kodrat di Ma­luku sudah vakum kurang lebih 5 tahun, untuk itu ketika dihubungi dan kebetulan ketua umum ini merupakan kader  di HIPMI dan  diyakini sungguh Kodrat akan besar di Maluku.

“Kami lagi mempersiapkan diri, jika Tuhan izinkan kami akan mengikuti PON di tahun 2024 dan tidak terlepas dari support dari pada pemerintah provinsi. Saya minta supportnya kiranya kami dapat menjadi bagian dari sejarah untuk bagaiymana kita mencetus dan memperoleh medali dalam PON 2024,” janjinya.

Ditempat yang sama Ketua KONI Maluku Murad Ismail mengatakan Tarung Derajat merupakan beladiri asli Indonesia yang memiliki ciri khas dari kemandirian tersendiri olahraga ini dulu pernah ada tapi sekarang masih sulit semoga pelantikan ini adalah awal langkah untuk meng­hidupkan kembali olahraga Tarung Derajat di Maluku.

“Saya sebagai ketua KONI di Maluku menerima saudara-saudara masuk ke dalam kepengurusan KONI  Maluku dan baru mulai dikembangkan di Provinsi Maluku,” ungkapnya.

Kata dia, pengurus keluarga olahraga Tarung Derajat provinsi Maluku yang telah dilantik hari ini merupakan momentum strategis untuk kebangkitan dan kemajuan olahraga Tarung Derajat di Maluku.

“Pengurus yang telah dilantik untuk segera membentuk pengurus olahraga Tarung Derajat kabupaten kota serta menyusun program pembinaan dan sistem kompetisi yang terstruktur dan sistematis, pintanya.

Selain itu Maluku memiliki mimpi besar tentang prestasi olahraga yang harus diwujudkan melalui kerja sama dan sinergitas seluruh pe­mang­ku kepentingan sehingga kede­pan olahraga prestasi Maluku sema­kin berkembang.

Ketum Kodrat Maluku, Aurega Putra Latuconsina dalam sambutan­nya mengatakan, Tarung Derajat di sini sudah vakum selama 5 tahu dan dirinya diminta  untuk menjadi ketua dengan semangat mereka tidak per­nah putus asa.

“Ini satu-satunya full body kon­teks maka kita harus lestarikannya untuk memajukan Tarung Derajat di Maluku mulai dari konsolidasi  organisasi ke kabupaten-kabupaten kita akan melakukan kita akan ikut serta dalam penye­lenggaraan kom­petisi yang diada­kan,” ucapnya.

Diakhir sambutan ia juga berjanji akan meningkatkan kualitas atlet lewat sejumlah event.

“Bulan depan saya kirim empat orang untuk pelatihan pelatih khu­sus untuk meningkatkan kualitas Tarung Derajat di Maluku. Kita juga akan mengikuti Kejurnas PON dan agenda-agenda kompetisi lainnya,” tandasnya. (S-08)