AMBON, Siwalimanews – Bakti Artanta resmi pimpin Kantor Perwakilan Bank Indonesia Maluku menggantikan pejabat Norviarso Manullang yang bergeser ke Jawa Tengah.

Pria kelahiran Jombang itu dikukuhkan oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Destry Dama­yanti. Mengawali karir di BI tahun 1998, Bakti sebelum ke Maluku ia menjabat sebagai sebagai Kepala Perwakilan BI Cirebon.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti menga­takan, pengukuhan ini merupakan agenda kelanjutan dari agenda sebelumnya di Jakarta 18 Januari 2022 lalu.

“Ini baru dilaksanakan karena terkendala pandemi covid,”  jelas Desty.

Dia mengatakan tantangan yang akan dihadapi kedepan, tidak akan muda. Dan itu akan terus memba­yangi perekonomian secara na­sional.

Baca Juga: Walau Ditolak, Audy Tetap Jadi Raja

“Tapi kita bersyukur, per Maret kemarin, ekonomi kita masih bisa tumbuh di 5,09 persen. Ini menan­dakan bahwa ekonomi kita masih sangat kuat,” ujarnya.

Gubernur dalam sambutan yang dibacakan penjabat Sekda, Sadali Ie mengatakan semoga amanah atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Negara dapat dijalankan de­ngan baik serta penuh rasa tanggung jawab.

“Pergantian atau pengalihan tugas dalam suatu organisasi modern seperti Bank Indonesia, adalah suatu kenisca­yaan yang merupakan tugas pokok dan fungsi organisasi,” jelasnya.

Dengan itu, pengalihan tugas ini agar menjadi media untuk semakin memantapkan gerak langkah dunia perbankan dan aktivitas ekonomi masyarakat pada suatu daerah, khususnya di Maluku.

Ia juga menyampaikan beberapa pesan, dalam rangka akselerasi pertumbuhan ekonomi, BI memiliki peran penting mendorong perkem­bangan dan pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Provinsi Maluku siap bersinergi dan berkoordinasi dengan BI Per­wakilan Maluku guna mengakse­lerasi pertumbuhan ekonomi di Maluku,” ucapnya.

Terkait dengan itu, berbagai upa­ya terus dilakukan antara peme­rintah Daerah dan BI perwakilan Maluku dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Dengan adanya senjata digita­lisasi sebagai alat pembangkit per­ekonomian, diharapkan akan ada berbagai inovasi dan kreativitas baru yang dapat mengenjot roda perekonomian mendatang.

“Khusus dari sisi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah ini. Dengan harapan, BI dapat memainkan peran bagi pengembangan UMKM di Provinsi Maluku,” harapnya.

Hadir pada pelantikan itu juga Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury, Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, unsur forkopimda, sejumlah pimpinan OPD Provinsi Maluku, serta jajaran BI Maluku. (Mg-1)