MASOHI, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah bertekad menjadikan satpol PP profesional, terlatih dan disiplin dalam melaksanakan tugas.

“Sangat penting untuk membentuk Polisi Pamong Praja yang profesional, terlatih, dan disiplin dalam mengemban tugas,” kata penjabat bupati malteng rakib Sahubawa dalam sambutannya yang dibacakan Penjabat Sekda, Jauhari Tuarita saat buka latihan peningkatan SDM Satpol-PP Malteng belum lama ini.

Ia mengaku Satpol PP merupakan ujung tombak dalam penyelenggaran pemerintahan untuk menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta penegakan perda.

Menurutnya aparat Satpol PP merupakan garda depan sebagai motivator untuk menjamin kepastian pelaksanaan peraturan daerah dan upaya menegakkannya ditengah-tengah masyarakat.

Dalam melaksanakan tugas, lanjutnya Satpol PP harus dapat mengambil sikap yang tepat dan bijaksana.

Baca Juga: Tujuh Bulan Karyawan PD Panca Karya Belum Terima Gaji

“Sesuai dengan paradigma baru Satpol PP menjadi aparat yang ramah, bersahabat, dapat menciptakan suasana batin dan nuansa kesejukan bagi masyarakat, namun tegas dalam bertindak,” harapnya.

Lebih jauh ia menyebut tugas Satpol PP tidak semudah mem­-balikkan telapak tangan. Terlebih dalam melaksanakan kewena­ngan ini, Satpol PP dibatasi oleh kewenangan represif yang sifatnya non yustisial.

Satpol PP seringkali harus menghadapi berbagai kendala ketika harus berhadapan dengan masyarakat yang memiliki kepentingan tertentu dalam memperjuangkan kehidupannya.

“Kegiatan ini perlu diseriusi oleh seluruh anggota Satpol PP hingga dapat membantu saudara-saudara dalam pelaksanaan tugas kedepannya,” ujarnya. (S-17)