AMBON, Siwalimanews – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Maluku memastikan awal Januari, 396 peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS)  yang lolos tes tahun 2020 akan menerima nomor iduk kepegawaian (NIK).

Peserta ini sendiri dipastikan lolos setelah selesai mengikuti seleksi kompetensi dasar dan setlah dilakukan perangkingan dari 696 peserta,  hanya 396 formasi yang dinyatakan lolos tes.

“Kita pastikan awal tahun NIK sudah bisa mereka terima,” terang Kabid  Informasi dan Kepegawaian Daerah BKD Maluku, Isra Budi kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Rabu (9/12).

Menurutnya setelah dinyatakan lolos tes, para peseta harus melengkapi dokumen mereka untuk pengusulan mendapatkan NIK.

“Jadi semua dokumen yang disampaikan ke panitia seleksi daeral (Panselda), kemudian diusulkan ke BKN Makassar dan mereka sekarang sedang memprosesnya,” jelas Isra.

Setelah BKN mengeluarkan NIK, kemudian akan diusulkan ke gubernur maluku dan ditandatangani dan akan dilakukan penyerahan NIK oleh gubenrur.

“Kalau sudah terima NIK 396 orang ini mulai akan bertugas disejumlah dinas teknis sesuai dengan formasi yang mereka usulkan,” jelas Isra.

Dirinya meminta kepada CPNS yang telah dinyatakan lolos itu bersabar karena proses pemberian NIK dilakukan untuk seluruh pe­-serta tes CPNS di seluruh Indonesia. “Memang kita sudah usulkan sejak beberapa bulan lalu, kami berharap awal tahun sesuai jadwal NIK bagi 396 peserta susah bisa kita terima hasil,” tandasnya. (S-39)