AMBON, Siwalimanews – Gempa dengan magnitudo 3,5 skala richter menguncang  wilayah Kairatu dan sekitarnya, Senin(19/4) pukul 05:47:50 WIT .

Kepala Stasiun Geofisika Ambon Herlambang Hudha menjelaskan, episenter gempa ini terletak pada koordinat 3.43 Lintang Selatan dan 128.29 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut 12 km Barat Daya Kairatu-SBB, pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal, “ jelas Herlambang dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Senin (19/4).

Untuk dampak dari gempa ini kata Herlambang, berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di Kairatu II-III MMI, dimana pada daerah tersebut, guncangan gempa dirasakan oleh beberapa orang.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Baca Juga: Pekan Depan Berkas Tersangka Odie Cs Masuk Jaksa  

Hingga pukul 06:20 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock). Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” himbau Herlambang. (S-51)