AMBON, Siwalimanews – Tiga atlet Shindoka Maluku dipilih mewakili Indonesia di kejuaraan internasional karate yang akan berlangsung Jakarta pada September mendatang.

Sebelum dipilih jadi wakil Indonesia, atlet-atlet Shindoka Maluku berhasil mempersem­bahkan 3 medali emas, 4 perak dan 6 perunggu di Kejuaraan Nasional Shitoryu Indonesia Kara­-tedo yang berlangsung di Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (18/6).

Medali emas di kejurnas karate dipersembahkan oleh Geroh’s N.F. Somarwane, Aurelline E. Uneputty dan Aufaro E. Uneputty.

Ketua Harian Shindoka Maluku Edwin Eduard Uneputty kepada Siwalima, Kamis (22/6) membenarkan kalau atlet binaanya dipilih menjadi wakil indonesia di kejuaraan internasional karate.

“Ini sebuah kebanggaan bagi Shindoka Maluku atas terpilihnya tiga orang atlet mewakili Indonesia di kejuaraan internasional,” terang Uneputty.

Baca Juga: Jelang HUT, Pemda Gelar Pertandingan Bola Voli

Ia mengaku dalam kejurnas karate, memang pihaknya sudah menargetkan minimal ada atlet Shindoka Maluku yang bisa berlaga di kejuaraan internasional.

“Target kami tercapai dan itu berkat kerja keras para pelatih, atlet maupun dukungan doa dari orang tua atlet dan masyarakat Maluku,” ujarnya.

Atlet Shindoka Maluku menurutnya patut berbangga karena di kejurnas karate yang berlangsung di  Gor Deltras Sidoarjo itu diikuti oleh ratusan atlet dari 13 provinsi.

Dengan perolehan 3 emas, 4 perak dan 6 perunggu dari total 16 orang atlit yang diturunkan dinomor Kata dan Komite, lanjutnya merupakan capaian yang luar biasa. “Ini sangat membanggakan bagi anak-anak Maluku pada kejuaraan nasional, karena bisa mengalahkan altet dari provinsi provinsi besar seperti DKI Jakarta, Banten dan Riau,” katanya.

Walaupun, kata Uneputty capaian luar biasa ini tanpa dukungan dari Pemerintah Provinsi Maluku, anak asuhnya tetap memberikan yang terbaik bahkan jadi wakil Indonesia.

“Mulai dari persiapan sampai keberangkatan, selama pertandingan sampai kepulangan ke maluku, semua  menggunakan dana pribadi masing-masing atlet, namun anak-anak tetap semangat,” pujinya. (S-09)