AMBON, Siwalimanews – Calon Presiden Anies Baswedan menjanjikan akan mengatasi ketim­pangan pembangunan di Maluku bila terpilih menjadi presiden.

Janji mantan Gubernur DKI Jakarta ini disampaikan dalam pertemuan akbar antara Capres Anies dengan pendukung di Gedung Islamic Center, Waihaong, Senin (15/1).

Anies menjelaskan, seluruh pendu­kung yang hadir tentunya dengan alasan ingin adanya perubahan bagi Indonesia dan Maluku secara khu­sus.

Menurutnya, 14 Februari menda­tang harus dijadikan seluruh ma­syarakat Maluku sebagai hari untuk menyuarakan perubahan terhadap kondisi Maluku yang selama ini terus mengalami ketimpangan akibat dari tidak adanya keadilan dari peme­rintah pusat.

“14 Februari jadi hari perubahan Indonesia dan kita semua yang berkumpul saat ini mengirimkan pesan bahwa ketimpangan dan ketertinggalan tidak boleh lagi terjadi di Maluku,” tegas Anies.

Baca Juga: Hari Ini, Capres Anies Kampanye di Ambon

Maluku kata Anies sudah seha­rusnya mendapatkan kesetaraan dan keadilan dalam semua aspek baik pembangunan infrastruktur, ekonomi hingga alokasi keuangan yang lebih baik.

Tak Hanya itu, persoalan ketersediaan BBM, harga beras yang terjangkau, pelayanan pen­didikan dan kesehatan yang murah juga harus diperoleh Maluku sebagai bentuk kehadiran negara.

“Saya tidak ingin biaya hidup mahal, BBM langkah mahal, lapangan pekerjaan sulit terjadi terus di Maluku. Maka kita mengikh­tiarkan perubahan sehingga kede­pan semua persoalan menjadi mudah,” ucapnya.

Anies menegaskan, sebagai negeri kepulauan dengan sejarah yang amat panjang, Maluku saat ini hanya mendapatkan bagian terkecil dari negara sedangkan dampak pembangunan yang besar belum dirasakan.

Karena itu, Anies memberikan harapan jika dirinya dipercaya menjadi Presiden maka semua persoalan ketimpangan di Maluku akan diatasi, sehingga Maluku dapat sejajar dengan daerah lain.

Janji Realisasi ANP

Calon Presiden Anies Rasyid Baswedan berjanji akan menjadikan Kota Ambon sebagai kota industri perikanan dan realisasi Ambon New Port jika terpilih sebagai Presiden.

Janji ini diungkapkan Anies dihadapan mahasiswa BEM se-Maluku, tokoh pemuda, perempuan dan LSM dalam diskusi, “Desek Anies” yang berlangsung di Resort Baby Indah Beach, Desa Tial, Senin (15/1).

Kata Anies, Provinsi Maluku merupakan tempat yang sangat strategis sejak dahulu sebagai jalur rempah dan perikanan sehingga menjadi daya tarik bagi bangsa lain.

“Indonesia ini sebagai sebuah negeri yang memiliki potensi luar biasa dan tidak boleh disamakan potensi dari satu tempat ke tempat lainnya, karena setiap tempat me­miliki keunggulannya dan kekuat­annya, begitu juga dengan kawasan Maluku dan Ambon,” ujar Anies.

Maluku kata Anies memiliki potensi perikanan yang luar biasa yang harus dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat, termasuk merealisasikan Ambon New Port.

“Kita ingin menjadikan Ambon sebagai pusat industri perikanan termasuk kedepannya Ambon New Port harus dapat diwujudkan karena potensi perikanan yang luar biasa, termasuk,” tegas Anies.

Anies menegaskan selama ini pusat menyebut Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional tetapi selama ini tidak terealisasi dan kedepan harus direalisasikan.

Dirinya ingin memastikan bahwa nelayan kecil akan tumbuh dan berkembang berbanding lurus dengan potensi perikanan.

“Kita ingin membesarkan yang kecil tanpa mengucilkan yang besar, penyediaan solar dengan baik untuk semua dan tidak kalah penting bantuan kredit ringan untuk para nelayan dan petani,” ujarnya.

Kawal Ketat

Kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta ini mendapat peng­awalan ratusan personil Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Kapolresta Pulau Ambon Kombes Driyano Andri Ibrahim saat memimpin apel menegaskan, agar semua personel wajib mengamankan kegiatan pengamanan kedatangan Capres nomor urut 01 Anies Baswedan.

“Kita tidak melihat siapa dan dari mana tapi tanggung jawab kita mengamankan siapapun yang datang, Semua personil telah kami gelar untuk Pengamanan oleh tim satgas OMB Salawaku Polresta Ambon mulai dari kedatangan di Bandara Pattimura, Santika Hotel, Masjid Anur, Tial, Aula Xaverius, Masjid Alfatah , dan Islamic Center,”ungkap  Kapolresta.

Tak hanya untuk kunjungan capres No urut 1, Kapolresta mengaku, kedepan akan ada banyak Agenda Kunjungan capres dan cawapres ke Kota Ambon, untuk itu terkait kesiapan pengamanan harus disiapkan secara maksimal sehingga seluruh rangkaian kegiatan baik kunjungan capres dan cawapres dapat berjalan aman dan lancar.

Sementara itu, Kasi humas Polresta Pulau Ambon Ipda Jane Luhukay mengatakan, dalam kunjungan Capres nomor urut 01 Anies Baswedan dalam rangka kampanye pada Senin (15/1),satgas OMB melakukan peng­amanan  di sejumlah titik berlang­sungnya kegiatan di kota Am­bon.Dikatakan, pengamanan terha­dap kunjungan capres nomor urut 01 dilakukan oleh tim satgas baik preemtif preventif maupun kam­seltibcarlantas. (S-20/S-10)