AMBON, Siwalimanews – Ketua Umum Partai Demorkat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak kader Partai Demokrat di Maluku mera­patkan  barisan untuk merebut kejayaan Partai Demokrat di 2024 nanti.

“Mari kita rebut kemenangan, rebut ke­­jayaan Partai Demokrat di 2024. Saya yakin itu, bagaimana simpati mas­yarakat dan lembaga survei yang selalu mempo­sisikan partai Demokrat sebagai yang terbaik,” ajak  AHY  dalam sam­bu­tannya  saat pembukaan Musyawarah Cabang (Muscab) III Partai Demokrat serentak 11 DPC di Provinsi Maluku yang dipusatkan di The Natsepa Hotel, Selasa (22/2).

Muscab dipusatkan di The Natsepa Hotel, Desa Suli, Kabupaten Maluku Tengah dibuka Ketua Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) Herman Khaero dan dipantau langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat AHY, Sekjen Teuku Rifky Harsa dan Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) Herman Khaeron yang disiarkan secara langsung melalui aplikasi zoom.

Selanjutnya AHY mengatakan, Mus­cab III Partai Demokrat adalah bagian dari kekuatan dan kebangkitan meraih kemenangan Partai Demokrat  untuk mensejahterakan rakyat Maluku.

“Saya berharap kader Partai Demo­krat di Maluku dapat memenangkan pesta demokrasi di pemilu 2024, Pilpres, Pileg dan Pilkada karena kemenangan Partai Demokrat adalah kemenangan rakyat. Mari kita memenangkan Pemilu di 2024,” tegasnya.

Baca Juga: Besok, Partai Demokrat Gelar Muscab III Serentak

Sementara itu, Ketua DPD Partai De­mo­krat Maluku Elwen Roy Pattiasina menjelaskan, Muscab serentak se Provinsi Maluku adalah bagian dari konsolidasi internal partai.

“Muscab serentak ini, bukan menjadi ajang perebut kekuasaan, namun sebagai langkah untuk mengkokohkan kekuatan dalam menghadapi pemilu 2024. Kader Partai agar mengedepankan karakter santun, bersih, dan cerdas dalam segala aspek apapun karena Muscab sebagai ajang strategi dalam menjalankan mesin partai. Kita rebut kejayaaan, sebagai­mana arahan Ketua Umum AHY” kata Pattiasina.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Maluku ini berharap seluruh mesin partai berjalan dengan baik mulai dari tingkat DPD, DPC, PAC dan Anak Ranting. PAC ini adalah, pahlawan partai di bahwa, sehingga terus Kita hadir menyapa dan membantu rakyat. Dengan menyapa dan bersama rakyat, Partai Demokrat akan terus dicintai rakyat,” tandasnya.

Dijelaskan, sistim pemilihan Ketua DPC berbeda dari pemilihan-pemilihan  sebelumnya. Siapapun yang nanti terpilih dalam muscab, tidak otomatis yang bersangkutan menjadi ketua DPC.

“Sesuai mekanisme yang baru, tahapan berikutnya yaitu, fit and propertest atau uji kelayakan dan kepatutan dimana fit and propertest itu, dilakukan oleh Tim lima yakni, Ketua Umum, Sekjen, Ketua Bidang OKK, Ketua DPD, dan Sekretaris DPD. Dalam visi misi setelah itu, tim 5 akan menggelar rapat, guna menentukan siapa yang layak menjabat ketua DPC,” bebernya.

Wakil Ketua Komisi l DPRD Kota Ambon ini menambahkan, setelah terpilihnya ketua-ketua DPC, maka konsolidasi akan berjalan, dengan membentuk Pengurus Anak Cabang (PAC) hingga ke ranting-ranting.

Pattiasina optimistis konsolidasi ke PAC  dan ranting di tahun 2022 ini semuanya sudah selesai dilakukan  agar di tahun 2023 konsolidasi bisa berjalan, menjelang tahun pemilu di 2024.

Untuk diketahui, para kandidat ketua DPC yang berkompetisi di Muscab lll se­rentak ini masing-masing, Femry Tuwana­kotta dan Elviana Pattiasina (Kota Ambon), Erwin Tanaya (Buru), Gerson Selsily (Bursel), Djuwady dan Marcel Maspaitella (SBB), Samuel Thiemaiatu dan Djailany Tomagola (Malteng), Josias Ubro (Kep Aru), Balthazar Lelemafu dan Deni Darling Rafualu (KKT),  Hasyim Rahayaan dan M. Iqbal (Kota Tual), Edo Rahail (Malra), Amstrong Loupatty dan Geradus Viktor Johans (MBD), dan Abdul Latif Suin (SBT).  (S-08)