MASOHI, Siwalimanews – Sedikitnya 15 rumah di Negeri Oma, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah dihantam angin puting beliung pada Selasa (31/10).

Kepala BPBD Kabupaten Maluku Tengah, Latief Key mengatakan, pihaknya telah mengetahui adanya hantaman angin puting beliung di Negeri Oma. BPBD masih menu­nggu laporan dari Kepala Pemerin­tahan Negeri Oma.

“Kami sudah minta Kepala Peme­rintah Negeri Oma untuk segera menyampaikan laporan data kerusa­kan resmi kepada BPBD. Hal ini dimaksudkan agar proses pena­nganan dan penanggulangan dapat segera dilakukan oleh BPBD,” ujar Key saat dikonfirmasi Siwalima melalui telepon selulernya, Rabu (1/11).

Menurutnya, laporan data dibutuh­kan BPBD dapat mengidentifikasi jenis bantuan dan pola penanganan yang akan dilakukan.

“Tentu kita membutuhkan laporan data resmi dari Pemerintah Negeri Oma, Ini dasar untuk kita meng­ambil langkah yang tepat untuk menangani masyarakat korban terdampak dari angin puting beliung itu,” ujarnya.

Baca Juga: Pemilu Damai Disosialisasikan

Dikatakan, Pemerintah Kabupa­ten Maluku Tengah tidak akan ti­nggal diam. Bantuan dan pena­nganan akan segera dilakukan setelah Pemerintah Negeri Oma menyampaikan laporan data resmi Kepada BPBD. “Tentu bantuan akan kita salurkan namun kita menunggu laporan data resmi dari Negeri Oma. baik itu data berupa jenis kerusakan, banyaknya keru­sakan serta berapa jumlah korban dari kasus angin puting beliung itu,”paparnya. (S-17)