TIAKUR, Siwalimanews – Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Maluku Barat Daya akan melakukan praktek kerja industri atau prakerin di sejumlah lokasi di Kota Ambon.

Lokasi yang dipilih yakni Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku, Balai Bibit di Telaga Kodok. Rumah Peternakan di depan ACC dan Sekolah Usaha Perikanan Menengah Waiheru.

“Hasil koordinasi mereka menyambut dan merespon baik, kata kepsek SMK negeri 7 MBD Frangki O. Knyartutu kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (12/9).

Ia menjelaskan sebenarnya  praktek kerja ini sudah dilakukan sejak lama namun terkendala wabah Covid-19 sehingga tidak ada agenda keluar daerah.

Pemilihan Kota Ambon lanjutnya karena banyak pelaku usaha, pelaku industri yang dapat dijadikan lokasi praktek kerja bagi siswa kejuruan.

Baca Juga: Lagi, Unpatti Kukuhkan Dua Guru Besar

“Tahun ini kita mencoba untuk ke Kota Ambon karena disana ada dunia usaha, dunia industri yang bisa menjadi tempat untuk anak-anak itu belajar,” terangnya.

Dengan menjadikan Ambon sebagai lokus praktek kerja industri ia berharap kedepan siswa didikannya memiliki banyak pengalaman tidak hanya dari sisi teori tapi juga praktek

“Kali ini Kota Ambon dulu, hingga anak-anak ini bisa mempunyai pengalaman, minimal teori yang didapat tetapi praktek di dunia industri dan dunia kerja dapat menambah wawasan, punya paling tidak menset berfikirnya,” ujarnya.

Praktek kerja ini akan dimulai pada bulan oktober mendatang dengan memberangkatkan 30 orang siswa kelas XII. Ditam­bah­kan para siswa juga akan dipantau oleh guru pen­dam­ping program keahlian. (S-28)