AMBON,Siwalimanews –  Kota Ambon mendekati penghujung tahun ini kembali memperoleh  penghargaan atraksi budaya Sound of Green di ajang anugerah pesona Indonesia (API) Award 2021.

Pengharaan itu diserahkan oleh Direktur Merk dan Indikasi Geografis Kementerian Hukum & HAM, Nofly dan diterima oleh Asisten III Administrasi Umum, Rulien Evrien Purmiasa di Stable Berkuda Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (30/11).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam sambutannya mengatakan, API Award merupakan acara tahunan, sebagai upaya membangkitkan apresiasi kepada masyarakat, untuk mendorong peran dan memajukan promosi pariwisata Indonesia.

“Saya berharap API 2021 dapat membangkitkan sektor pariwisata untuk maju, ekonomi bangkit. Walaupun di masa pandemi Covid-19 merupakan masa-masa yang sulit, namun beberapa kabupaten/kota mampu berkreasi yang berujung pada peningkatan ekonomi bagi masyarakatnya,” ucap Sandiaga.

Asisten III Administrasi Umum Sekot Ambon, Rulien Evrien Purmiasa pada kesempatan itu mengatakan, penghargaan yang diterima oleh Kota Ambon tahun ini, dapat membantu menjadi solusi untuk isu-isu yang lain, yang berkaitan lansung dengan lingkungan.

Baca Juga: Hilang Saat Memancing, Warga Tawiri Ini Ditemukan Tewas

“SoG ini berkaitan langsung dengan lingkungan, bagaimana kita melestarikan bambu sebagai dasar suling yang harus terus dilestarikan, baik sisi bambu dan musiknya. Selain itu, kebutuhan dilakukan peremajaaan, dipelihara, dan direboisasi, jika hal itu dilakukan, maka kita sudah menjaga lingkungan kita,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Molucca Bamboowind Orchestra (MBO), Rence Alfons berharap dengan penghargaan ini, maka Dinas Pariwisata Kota Ambon harus mampu berkolaborasi dengan semua stakholder untuk mengembangkan pariwisata di Kota Ambon. (S-51)