AMBON, Siwalimanews –  Anggota DPRD Provinsi Maluku daerah pemilihan Kota Ambon Rovik Akbar Afifuddin, mendesak Balai Wilayah Sungai Maluku untuk memperhatikan talud penahan ombak di Negeri Laha yang terancam ambruk.

Rovik mengungkapkan, dirinya mendapat keluhan dari masyarakat setempat terkait dengan kondisi talud penahan ombak yang dikerjakan oleh pihak balai beberapa tahun lalu, dimana kondisinya saat ini sangat memprihatikan dan nyaris ambruk.

Terhadap laporan masyarakat tersebut, pihaknya langsung turun untuk melihat kondisi terkini dan ternyata apa yang keluhan masyarakat benar-benar terjadi, bahkan jika talud penahan ombak tersebut ambruk akan mengakibatkan pengikisan bibir pantai.

“Masyarakat Negeri Laha memang ada yang mengeluh soal ada pembangunan talud penahan ombak di pantai Negeri Laha yang dibangun balai yang terancam rusak, saya sudah melihat memang kondisinya parah dan butuh penanganan,” ujar Rovik kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (13/1).

Sebagai anggota DPRD dapil Kota Ambon kata Rovik, dirinya akan menyurati pihak Balai Wilayah Sungai untuk melihat persoalan ini, sebab jika tidak ditangani dengan baik, maka dipastikan akan berdampak bagi aktivitas masyarakat, khususnya penduduk ditepi pantai.

Baca Juga: Pasca Gempa, Pemkot Bakal Kirim Bantuan ke KKT

Pasalnya, APBD Provinsi Maluku cukup kecil untuk mengcover semua kebutuhan masyarakat, sehingga sangat dibutuhkan campur tangan pihak balai untuk membantu pemerintah daerah dalam merealisasikan kebutuhan masyarakat.

“Menjelang musim ombak, masyarakat pesisir Negeri Laha sangat khawatir jika tidak ada talud, ditakutkan akan menggerus pemukiman masyarakat, olehnya harus ada langkah cepat untuk segera ditangani pihak Balai Wilayah Sungai,” ucap Rovik.(S-20)