AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku daerah pemilihan Kota Ambon, Rovik Akbar Afifuddin mendesak Balai Wilayah Sungai untuk segera memperhatikan sendimen akibat pembangunan cakdam di Kampung Rinjani RT 006 / RW 016 Ahuru Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Pasalnya, hampir seluruh badan jalan yang dilalui kendaraan proyek dan badan sungai telah dipenuhi sendimen yang dapat berdampak pada kelancaran arus air jika terjadi musim penghujan.

“Terkait pembangunan cakdam Rinjani air besar menajdi masuk masyarakat terutama mobilitas material telah menimbulkan sendimen yang cukup banyak, ini harus diperhatikan oleh Balai Wilayah Su­ngai Maluku,” tegas Rovik, kepada wartawan, di Baileo Rakyat Karang Panjang, Senin (16/1).

Dijelaskan, jika sendimen-sen­dimen tersebut tidak dibersihkan oleh BWS atau kontraktor maka dipastikan ketika musim hujan nanti akan menyebabkan air tersumbat dan akhirnya banjir tidak dapat dihindari sehingga masyarakat dika­wasan Batu Merah yang akan menjadi korban.

Selain itu, akses masuk kendaraan proyek sering kali tidak memper­hati­kan keselamatan masyarakat sekitar sebab menyebabkan tumpukan debu yang menggangu pernapasan mas­yarakat khususnya akan kecil dan lansia.

Baca Juga: Kapal Siwalima Terlantar

Bahkan, ruas jalan disekitar lokasi pembangunan cakdam rinjani juga ikut menjadi rusak sementara akses jalan tersebut merupakan jalan utama akibat kenyamanan tidak dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar.

“Saat reses juga disampaikan kalau kendaraan proyek kadang membuat masyarakat menjadi tidak nyaman, setiap hari orang harus cuci mobil karena dipenuhi dengan abu,” beber politisi PPP Maluku ini.

Rovik pun berharap adanya perhatian serius dari BWS sebagai pemilik proyek untuk dapat mem­perhatikan persoalan mendasar tersebut agar ada kenyamanan bagi masyarakat sehingga kesehatan dari masyarakat juga terjamin.(S-20)