NAMROLE, Siwalimanws – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan, mulai mendistribusikan logistik Pilkada ke tiga kecamatan di Kabupaten Bursel, Minggu (6/12) sore.

Proses pendistribusian itu ditandai dengan penyerahan kotak suara dari Ketua KPU Kabupaten Buru Selatan Syarif Mahulauw kepada KBO Sat Binmas Polres Pulau Buru Ipda Bastian Tuhuteru di Dermaga Pelabuhan Namrole dan disaksikan langsung oleh Wakapolres Pulau Buru Kompol Bachri Hehanussa, Sekretaris KPU Kabupaten Buru Selatan Solaiman Loilatu, anggota Bawaslu Kabupaten Bursel Robo Souwakil dan Husein Pune.

“Hari ini 6 Desember 2020 sudah terdistribusi logistik 3 kecamatan, yakni kecamatan Leksula, Kecamatan Fena Fafan dan Kecamatan Kepala Madan,” kata Ketua KPU Kabupaten Buru Selatan, Syarif Mahulauw kepada wartawan di Dermaga Pelabuhan Namrole, Minggu (07/12) sore.

Ia menjelaskan, logistik Pilkada yang telah didistribusikan itu nantinya akan dikawal oleh ratusan anggota Polres Pulau Buru hingga ke ratusan TPS di ketiga kecamatan tersebut.

“Logistik yang didistribusikan berdasarkan jumlah kotak ini berdasarkan jumlah TPS di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Kepala Madan itu ada 35 TPS, Kecamatan Leksula 40 TPS, Kecamatan Fena Fafan 12 TPS,” jelasnya.

Baca Juga: Kunjungi Bursel, Kapolda Temui Forkopimda

Ia berharap logistik yang didistribusikan ini bisa tiba di masing-masing TPS dengan keadaan baik sehingga seluruh tahapan lanjut proses Pilkada Bursel dapat berjalan sesuai harapan.

“Karena ini menggunakan transportasi laut, mudah-mudahan proses pengangkutan ini sampai di tempat tujuan dengan selamat tanpa ada hambatan, cuaca hari ini cukup bagus,” harapnya.

Sedangkan, untuk logistik tiga kecamatan lainnya, lanjut Mahulauw, akan didistribusikan hari Senin (07/12). Dimana, untuk kecamatan Ambalau akan menggunakan transportasi laut, sedangkan untuk Kecamatan Waesama dan Kecamatan Namrole akan menggunakan transportasi darat.

“Kemudian besok (hari ini red-), direncanakan tanggal 7 Desember 2020 akan dilanjutkan dengan 3 kecamatan lainnya yakni Kecamatan Ambalau, Kecamatan Waesama dan Kecamatan Namrole. Kita prioritaskan kepada kecamatan yang jauh, nanti setelahnya baru Kecamatan Namrole,” terangnya.

Untuk Kecamatan Ambalau akan didistribusikan logistik Pilkada kepada 20 TPS, Kecamatan Waesama 41 TPS dan Kecamatan Namrole 53 TPS.

Sementara itu, Wakapolres Pulau Buru, Kompol Bachri Hehanussa kepada wartawan mengatakan pihaknya juga telah melepaskan sebanyak 107 personil untuk mengamankan TPS Pilkada Buru Selatan.

“Hari ini kami Polres Pulau Buru melepaskan personil dalam rangka pengamanan TPS Pilkada Buru Selatan 2020. Jumlah total yang kita berangkatkan bersama kotak suara tadi yang dilepaskan oleh Ketua KPU itu kurang lebih 107 personil. Itu akan mengamankan tiga kecamatan yaitu Kepala Madan, Fena Fafan dan Leksula,” urainya.

Sedangkan untuk personil pengamanan di Kecamatan Ambalau, Waesama dan Namrole aka dilakukan Senin (07/12).

“Tiga kecamatan lain akan dilaksanakan besok, Ambalau, Waesama dan terakhir nanti di Namrole. Tiga kecamatan itu sebanyak 190 personil,” tuturnya.

9 Kecamatan

Di Kabupaten Kepulauan Aru, Jumat (4/12), telah didistribusi logistik di 9 kecamatan yakni kecamatan Aru Tengah, Aru Tengah Timur, Aru Tengah Selatan, Aru Selatan, Aru Selatan Utara, Aru Selatan Timur, Aru Utara, Batuley dan Sir- telah didistribusikan dengan menggunakan tujuh motor laut yang di sewa oleh KPU Aru.

Dari pantauan Siwalima, Jumat (4/12) di dermaga Yos Sudarso Dobo, terlihat sebanyak tujuh unit motor laut milik masyarakat yang disewakan KPU Aru telah mengangkut logistik untuk dibawah ke sembilan kecamatan di pesisir.

Berdasarkan data yang di terima, untuk jalur Aru Utara, menggunakan satu unit motor laut, karena jalurnya sama.

Ketua Devisi teknik dan Penyelenggara, Fita Putnarubun mengatakan, untuk jalur yang rutenya sama, seperti Kecamatan Aru Tengah Timur, Aru Tengah Selatan dan Batuley gunakan satu motor dan sisa enam kecamatan lainnya masing-masing satu unit motor.

Selain pendistribusian logistik turut disertakan Serpas anggota PAM TPS pada setiap wilayah sesuai dengan jumlah TPS tersebar pada sembilan kecamatan.

Dalam apel pasukan di atas dermaga sebelum pasukan diberangkatkan, Waka Polres Aru, Kompol Petrus Passauw mengatakan, agar seluruh personil yang ditugaskan di setiap TPS dapat melaksanakan tugas dengan baik, sehingga proses demokrasi pun berjalan dengan baik.

Dirinya berharap agar dapat memperhatikan agar hak pemilih dapat melaksanakan haknya dengan aman. Begitu pun laksanakan tugas hingga selesai pleno tingkat PPS, PPK hingga mengawal kembali logistik ke KPU Aru dengan aman dan tertib. (S-35/S-25)