AMBON, Siwalimanews – Di tengah badai pandemi Covid-19, dan sulitnya ekonomi membuat ribuan orang mencari pekerjaan baru. Buktinya sejak Januari hingga September Dinas Ketenagakerjaan kota Ambon menerbitkan sedikitnya 4.229 kartu pencari kerja (prakerja).

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Ambon, Steven Patty menggunakan, dengan jumlah kartu pencarian kerja yang terbitkan sebanyak 4.229.

“Pantauan kita lewat penerbitan kartu pencari kerja selama tahun 2021, sebanyak 4.229 pencari kerja,” ungkap Patty kepada wartawan di Ambon, Selasa (14/9)

Dijelaskan, Kartu Pencari Kerja sebagai salah satu persyaratan untuk seseorang melamar pekerjaan. Baik diinstansi pemerintah maupun swasta.

“Kita terbitkan kartu pencari kerja untuk salah satu persyaratan untuk pencari kerja baik itu di instansi pemerintah maupun swasta,” terangnya.

Baca Juga: Citraland Gelar Vaksinasi Gratis bagi Masyarakat

Patty menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Ambon yang mencari pekerjaan, bisa membuka secara langsung di website Kementerian Ketenagakerjaan.

Menurutnya, wesbite tersebut pencari pekerjaan bisa mengetahui instansi mana yang lagi membutuhkan karyawan.

“Situs online itu bisa ketahui peluang kerja dimana saja di Indonesia,” ujarnya.

Sambungnya, pencari kerja juga bisa langsung mendaftar di website dimaksud. Tinggal penuhi persyaratan yang diminta dalam website itu. Jadi tidak ribet dalam proses pelelamaran.

“Pencari kerja juga bisa mendaftar langsung. Untuk mendaftar saja setiap persyaratan-persyaratan yang dimintakan baik itu perusahan swasta maupun pemerintah,” sebutnya. (S-52)