AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 165 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kota Ambon mengikuti bimbingan dan pelatihan manasik haji, sebelum mereka diberangkatkan ke tanah suci.

Kegiatan yang digelar Kantor Kementerian Agama Kota Ambon di Asrama Haji, Waiheru, Selasa (14/6) itu, dibuka oleh Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena ditandai dengan pemukulan tifa secara bersamaan dengan Kepala Kantor Kemenag Ambon F Hassanusi.

Wattimena pada kesmepatan itu mengatakan, kondisi Indonesia khususnya di Kota Ambon saat ini masih dalam upaya penanganan dan pengentasan pandemi Covid-19 yang semakin menunjukan hasil yang baik, dengan tingkat penyebaran yang semakin dapat dikendalikan.

“Kondisi ini tentunya menjadi kabar bahagia untuk kita semua, karena setelah dua tahun terlewati tanpa pelaksanaan ibadah haji, akhirnya kerinduan umat Islam di Indonesia untuk kembali dapat menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah terjawab dengan dibukanya kembali kuota penyelenggaraan haji di Indonesia tahun ini,” ujar Wattimena.

Namun meski pandemi ini semakin membaik Wattimena mengharapkan, semua masyarakat khususnya para JCH Kota Ambon, harus tetap menjaga kesehatan, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, mengingat esensi pentingnya kesehatan bagi semua, khususnya para JCH yang akan melaksanakan rangkaian ritual ibadah yang panjang dan penuh perjuangan nanti.

Baca Juga: Belum Diserahkan ke Pemprov, PPI Eri Kni Terbengkalai

“Berikhtiar dalam penerapan protokol kesehatan yang tertib dan disiplin, insya Allah kita akan terlindungi dari berbagai ancaman,” harap Wattimena. (Mg-1)