AMBON, Siwalimanews – 15 tahun kepengurusan Persatuan Purnawirawan (PP) Polri Daerah Maluku tidka memiliki pimpinan dan selama itu pun tidak ada aktivitas di dalam organisasi tersebut.

Baru di jaman Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif, kemudian memiliki ide untuk mengaktifkan kembali organisasi yang menaungi para purnawirawan polri tersebut.

Kapolda Maluku Lotharia Latif dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada para purnawirawan dan senior.

“Meski telah purna tugas, namun masih terus semangat dalam mendukung tugas-tugas melalui persatuan Purnawirawan Polri Daerah Maluku,” kata Kapolda.

Ia mengaku PP Polri merupakan organisasi kemasyarakatan yang cukup kuat, karena didukung SDM yang memiliki pengalaman dalam birokrasi, memiliki kemampuan dan pemikiran komprehensif.

Baca Juga: Hari Ini, Komisi I Bersama Pemda Bahas Anggaran Pemilu

PP Polri, kata Kapolda, telah mampu menunjukan karyanya di masyarakat dan di pemerintahan dalam pembangunan nasional dan keutuhan NKRI.

“Kepengurusan PP Polri Daerah Maluku yang telah vakum selama 15 tahun sejak tahun 2008 dibawah kepengurusan AKBP (Purn) Yonas de Fretes, sehingga menjadi atensi serius dan perhatian Saya dan saat ini, bisa terwujud kembali dan dilaksanakan musda,” ungkapnya.

Kapolda berharap berharap purnawirawan sebagai masyarakat umum, bisa menjadi contoh teladan untuk menjamin dan mewujudkan keamanan di Maluku tercinta.

“Hal ini sejalan dengan program presisi Kapolri dan program Kapol­da Maluku yaitu basudara manise, harapnya.

Ditempat yang sama Kabid Organisasi Purnawirawan Polri Irjen (purn) Suedi Husein yang membuka musda itu menyampaikan terima kasih kepada Kapolda selaku pembina PP Polri Daerah Maluku.

Ia mengatakan, sejak dideklarasi­kannya organisas PP Polri tanggal 30 Juni 1999, sampai saat ini kekua­tan struktur 34 pengurus daerah, 375 pengurus cabang dan 1566 peng­urus ranting serta 41 paguyuban keluarga besar purnawirawan Polri.

“Sekali Bhayangkara tetap Bhayangkara, sekali berjuang tetap berjuang, tekad dan semangat juang diatas sudah tertuang dalam perumusan dalam Tri Dharma PP Polri,” ungkapnya.

Tri Dharma PP Polri merupakan pedoman pengabdian bagi seluruh anggota keluarga besar PP Polri yang bersatu teguh untuk bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, merperkokoh semangat keber­samaan untuk kesejahteraan, tetap setia kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Juga strategi dalam membangun dan memberdayakan PP Polri diantaranya adalah melalui mene­tapkan lima program unggulan PP Polri 2021-2026,” jelasnya. (S-10)