AMBON, Siwalimanews – Sedikitnya 15 kelompok ikut berpartisipasi dalam festival cipta menu beragam bergizi, seimbang dan aman (H2SA), berbasis pangan lokal serta lomba masak serba ikan yang digelar Pemkot Ambon di gedung serbaguna Xaverius Ambon, Rabu (22/5).

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang motori sejumlah dinas yang berkolaborasi bersama dengan Tim Penggerak PKKi.

“Mewujudkan generasi muda yang berkualitas, dimulai dari mana kita memastikan asupan gizi mereka itu cukup dan seimbang. Jadi dia harus seimbang dan aman. Ini akan menentukkan kualitas kesehatan, dan kecerdasan yang baik,” jelas Walikota.

Menurutnya, asupan gizi yang tidak tepat dapat mengakibat gagal pertumbuhan, mempengaruhi kecerdasan, yang berimplikasi pada kondisi stunting ke anak.

“Tentunya ini dapat mempengaruhi upaya kita dalam rangka menciptakan masa masa depan yang baik. Saya harap kegiatan ini dapat menghasilkan menu makan yang mengandung gizi cukup, seimbang dan aman untuk kita konsumsi. Jangan sampai inovasi yang berlebihan sehingga bahaya bagi tubuh,” tandasnya.

Baca Juga: Tunjang Kunker Kadis ke Saparua, Korwil Dindik Diduga Peras Para Kepsek

Walikota juga berharap, warga kota dapat berinovasi.  Kota ini tidak akan maju jika warganya hanya pasrah dengan apa yang dimiliki hari ini, tanpa memikirkan upaya-upaya yang lebih ekstrim untuk lebih maju dan berkembang.

“Kedepannya penting bagi kita untuk mensosialisasikan resep-resep baru kepada masyarakat melalui pemanfaatan media-media sosial, sehingga memberikan lebih banyak pilihan dalam mengolah ika,” pintanya.

Dengan berbagai cara pengolahan ikan yang kreatif, ia berharap masyarakat dapat menikmati variasi menu yang sehat dan bergizi.

Untuk diketahui kegiatan tersebut diikuti oleh 15 kelompok perwakilan yang tersebar pada lima kecamatan di Kota Ambon. (S-29)