AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 14 cabang olah­raga (cabor) di Maluku di­pastikan berpastisipasi pada pekan olahraga nasio­nal (PON) XX Papua.

Cabor yang akan ber­partisipasi masing-masing,  Anggar, Atletik, Balap Motor, Catur, Dayung, Layar, Karate, Kempo, Muaytai, Panjat Tebing, Selam, Tinju, Taek­wondo dan Wushu dengan 45 orang atlet.

Dalam arahannya Kasrul terus memberikan motivasi ke­pada para atlet untuk tetap semangat berlatih da­lam meraih prestasi dalam ajang PON XX mendatang.

“PON kali ini berbeda jika dibandingkan dengan sebe­lum­nya, akibat pandemi Covid-19. Butuh perjuangan yang luar biasa,” ungkap Sek­da Maluku Kasrul Se­lang ketika memimpin Apel Siaga Pelatihan Daerah (Pe­latda) PON XX Papua yang di pusatkan di Lapa­ngan Merdeka, Sabtu (16/1).

Menurut Kasrul, atlet yang telah lolos ke PON, bukan atlet-atlet biasa saja. Lolosnya para atlet-atlet ini, tentunya sudah melalui berbagai kualifikasi, apakah itu melalui zonasinya mau­pun kualifikasi per cabang olahraga sesuai dengan kebijakan dari pengurus induk olahraga yang ber­sangkutan.

“Kalian yang lolos pasti­nya sudah luar biasa. Sama halnya dengan atlet yang akan menjadi kompetitor pada PON,” kata Kasrul.

Kasrul berharap, atlet-atlet Maluku harus terus memo­tivasi diri dengan berlatih agar bisa mengukir prestasi di pesta olahraga terbesar di Indonesia ini.

“Secara fisik teman-teman kita yang nanti menjadi kompetitor pasti bekerja luar biasa. Tidak mungkin me­reka biasa-biasa saja. Mereka juga luar biasa. Kita  juga harus lebih memotivasi diri untuk terus berlatih,” ingat Kasrul.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Maluku, Tonny Pariela mengatakan, Maluku menurunkan 45 atlet pada 14 cabang olahraga di PON XX Papua.

“Target kita di PON Papua nanti kita bisa meraih 8 medali emas, 14 perak dan 12 perunggu,” tandasnya. (S-39)