AMBON, Siwalimanews –  Setelah 11 hari berlang­sung Popmal IV Tahun 2022 akhirnya ditutup pada Minggu (27/11).

Masing-masing kontingen dari 11 kabupaten/kota menghiasi parade atlet, official, wasit dan pembawa ben­dera pada penutupan yang berangsung di Lapa­ngan Merdeka Ambon.

Dari 17 Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertanding­kan, yakni Atletik, Basket, Renang, Tinju, Panahan, Tenis Meja, Karate, Sepeda, Futsal, Catur, Panjat Tebing, Silat, Kempo, Wushu, Sport, Volly, dan Taekwondo, Kota Ambon berhasil keluar seba­gai juara umum.

Kota Ambon berhasil mem­peroleh 76 medali emas, 52 me­dali perak, dan 54 medali pe­runggu dengan total medali yang diperoleh kontingen Kota Ambon sebanyak 182 medali.

Peringkat kedua ditempati Kabupaten Maluku Tengah, disusul Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku Tenggara, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kepulauan Aru, Kabupaten Buru Selatan, Kabu­paten Maluku Barat Daya, Kabupa­ten Buru, Kabupaten Seram Bagian Timur dan Kota Tual.

Baca Juga: Tanimbar Juara III Popmal IV

Selain menerima piala kejuaraan yang diserahkan langsung oleh Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M Rum Ohoirat kepada penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, Kota Ambon juga menerima piala bergilir yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum KONI Maluku yang juga Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Ketua KONI mengingatkan, agar seluruh pemangku kepentingan yang bertanggung jawab terhadap pembinaan dan pengembangan olahraga di Maluku, agar melakukan langkah konstruktif secara berkelanjutan, berkesinambungan guna menghasilkan atlet-atlet yang berprestasi.

“Kami selalu mendukung semua prestasi yang ditunjukkan dari anak-anak. Kita akan mendukung, memberi dukungan untuk menjadi yang terbaik bukan saja di Maluku tapi juga di Indonesia. Kita tentunya berharap, para atlet ini akan meraih sukses dan mengharumkan nama baik Maluku pada ajang regional, nasional bahkan internasional,” harap gubernur.

Pada kesempatan itu, selaku Gubernur, Murad juga memberikan penghargaan kepada seluruh pimpinan daerah dari 11 Kabupaten/Kota dan Panitia Popmal ke VI 2022.

Dia memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pimpi­nan Forkopimda, panitia penyeleng­gara dan pihak terkait lainnya, yang telah berpartisipasi dan mendukung terselenggaranya  event tersebut.

Diketahui, acara tersebut turut dihadiri Danlanud Pattimura, Kolonel Pnb Tiopan Hutapea, Rektor Unpatti Ambon M J Saptenno, Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. Muhammada Roem Ohoirat, Wakil Ketua DPRD Maluku, Azis Sangkala, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen. TNI Asep Abdurachman, Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Maulana Ridwan, Pj. Sekda Maluku Sadali Ie, Pj. Bupati Kabupaten Buru Djalaludin Salampessy, Pj. Bupati Malteng Muhamad Marasabessy, Pj. Bupati KKT, Danny Indey dan para undangan lainnya.(S-25)