DOBO, Siwalimanews – Sebanyak 137 peserta calon pegawai negeri sipil mengikuti seleksi kompetensi bidang.

Kepala BKSDM Kabupaten Aru Karel Huwae menjelaskan,, dari total 1.160 pelamar, yang lulus pada tahapan seleksi kompetensi dasar sebanyak 137 orang, itu artinya jumlah ini yang mengikuti tahap SKB

“Total keseluruhan pelamar CPNS tahun ini sebanyak 1.160 orang, yang ikut tahapan SKD 1.058 orang, tidak ikut tes 102 orang dan dinyatakan lulus tes SKD 137 orang dan mereka inilah yang ikut SKB,” jelas Huwae kepada Siwalimanews di ruang kerjannya, Selasa (23/11).

Ia merincikan, untuk kuota formasi CPNS Kabupaten Aru tahun ini, sebanyak 146 kuota yang terdiri dari, formasi kesehatan 103 orang dan tenaga teknis 43 orang. Sedangkan untuk formasi P3K khusus guru sebanyak 355 orang, kesehatan 67 orang dan tenaga teknis 15 orang.

“Dari seleksi tahap pertama untuk formasi P3K khusus guru, peserta yang ikut seleksi kita tidak tahu, karena ada pada dinas pendidikan, namun yang kita tahu ada 16 orang yang dinyatakan lulus,” tuturnya.

Baca Juga: Fakultas Hukum Unpatti Gelar PKPA

Sementara untuk formasi P3K kesehatan dan teknis jumlah yang pelamar 33 orang dan yang ikut tes 30 orang, kemudian yang dinyatakan lulus 2 orang, yakni kesehatan 1 orang dan tenaga teknis 1 orang.

Staf BKSDM Ichal mengaku, rendahnya pelamar pada jalur P3K kesehatan dan teknis ini tidak diketahui pasti penyebabnya, namun mungkin saja minim informasi yang didapati atau lainnya.

“Banyak yang tahu itu, P3K ini hanya untuk tenaga guru, mungkin saja kondisi inilah yang menyebabkan minimnya pelamar,” ungkapnya. (S-25)