AMBON, Siwalimanews – Hujan yang mengguyur Kota Ambon, Senin (21/11) sejak pagi hingga siang hari, mengakibatkan longsor kembali terjadi.

Kali ini menimpa rumah milik Anggota DPRD Kota Ambon Frederika Latupapua, di Dusun Kayu Putih, Negeri Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Talud rumah keluarga yang tingginya kurang lebih 11 meter, ambruk.

“Untuk titik longsor terjadi di Kayu Putih tepatnya di RT 001/04 yakni di rumah keluarga Frederika Latupapua, dimana talud rumah mereka longsor kurang lebih 11 meter dan materialnya jatuh menutupi jalan setapak,” ungkap Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Ambon, Eva Tuhumury kepada Siwalimanews di lokasi longsor, Senin (21/11).

Material longsor yang jatuh menutupi jalan setapak ini kata Tuhumury, cukup mengganggu, sebab jalan tersebut merupakan akses utama jalan warga dilingkungan tersebut dan sekitarnya.

“Saat ini kita dari BPBD bersama pihak Tagana sedang berupaya membersihkan material longsor,” ujarnya.

Baca Juga: Pembangunan Fasilitas Pengelolaan Limbah B3 Dibatalkan

Sementara untuk tanggap daruratnya kata Tuhumury, pihak BPBD telah memberikan bantuan terpal untuk menutupi titik longsor, sehingga tidak membahayakan keselamatan orang lain.

Selain Longsor, laporan yang masuk ke BPBD Kota Ambon juga yakni, terjadi genangan air yang cukup tinggi di ruas jalan AY Patty dan jalan Piere Tandean, kemudian di kawasan Galala Hative Kecil yang mengganggu arus kendaraan dan pejalan kaki.

“Genangan air tersebut hanya pada saat hujan, ketika hujan berhenti, genangan air tersebut juga perlahan surut,” tuturnya. (S-51)