AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 11 pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati pada  empat kabupaten di Maluku, resmi ditetapkan Komisi Pemili­han Umum (KPU), Rabu (23/9).

Empat kabupaten yang akan mengelar pilkada serentak 9 De­sember mendatang yaitu, Kabu­paten Kepulauan Aru, SBT, MBD dan Buru Selatan,

KPU Aru resmi menetapkan dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yaitu, Johan Gonga-Muin So­galrey dan Timotius Kaidel-Lagani Karnaka.

Penetapan paslon ini digelar dalam rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU Mustafa Daraky di­dam­pingi seluruh komisioner, di Kantor KPU Aru, Rabu (23/9).

Penetapan dua paslon ini ter­tuang dalam keputusan KPU Aru Nomor: 33/PL.02.2-KPT/8107/KPU-Kab/IX/2020 tertanggal 23 September yang ditandatangani oleh Ketua KPU Aru Mustafa Da­rakay.

Baca Juga: Musda Golkar Kota Lanjut Kembali 27 September

Untuk diketahui, paslon Timo­tius Kaidel-La Gani Karnaka di­dukung oleh Partai Golkar 1 kursi, PKB 4 kursi, PKS 1 kursi dan Berkarya 1 kursi.

Sedangkan pasangan petahana Johan Gonga-Muin Solgarey di­dukung mayoritas parpol, yaitu Nasdem 5 kursi, Demokrat 2 kursi, Hanura 1 kursi, PKB 4 kursi, PDIP 3 kursi, dan PKPI 2 kursi.

SBT

Selain Aru, KPU SBT juga me­netapkan tiga paslon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju dalam pilkada pada 9 Desember 2020.

Ketiga paslon yaitu, Fachri Husni Alkatiri-Arobi Kelian (FAHAM), Abdul Mukti Keliobas – Idris Rumalur dan Hj Rohani Vanath-M Ramli Mahu.

Penetapan ketiga paslon ini dilakukan dalam rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU SBT Kisman di Kantor KPU, Rabu (23/9) dan ter­tuang dalam Keputusan KPU SBT nomor: 129/HK.03.1-Kpt/8105/KPU-Kab/IX/2020 tentang peneta­pan pasangan calon peserta pe­milihan Bupati dan Wakil Bupati SBT tahun 2020.

Surat keputusan KPU tersebut kemudian diserahkan kepada masing-masing ketua tim peme­nangan paslon yang hadir saat itu serta Bawaslu.

Untuk diketahui, pasangan Mukti Keliobas-Idris Rumalutur yang didukung oleh Partai Golkar de­ngan 3 kursi, PAN 3 kursi, PKPI 2 kursi, Nasdem 2 kursi dan PKB 1 kursi, pasangan calon Fachri Alka­tiri dan Arobi Kelian didukung PDIP dengan 3 kursi,  PKS 3 kursi, Gerindra 3 kursi, Demokrat 1 kursi, PPP 2 kursi dan Hanura 2 kursi.

Untuk pasangan independen Rohani Vanath dan Muhamad Ramli Mahu dari jumlah minimal dukungan sebanyak 10.212 ter­nyata jumlah dukungan tahap awal sebanyak 8.026, dukungan tahap perbaikan 2.695 dengan jumlah 10.711 dukungan.

MBD

KPU  MBD juga menetapkan, tiga paslon yakni, Benyamin Thomas Noach-Ari Kilikili, John Leunupun-Dolfina Markus dan Niko Kilikili-Desianus Orno.

Penetapan ketiga paslon ini digelar dalam rapat pleno di Kantor KPU MBD, Rabu (23/9).

Penetapan ketiga paslon ini tertuang dalam keputusan KPU MBD nomor 57/PL.02.3-Kpt/8108/KPU-Kab/IX/2020 tertanggal 23 September 2020 dipimpin Ketua KPU MBD, Alupaty Demmy didam­pingi empat komisioner lainnya.

Pleno tersebut merupakan pleno terbuka yang digelar secara ter­batas dan pihak Bawaslu setem­pat hanya diberikan berita acara penetapan.

Surat keputusan penetapan Ca­lon Bupati dan Wakil Bupati MBD ini diterima oleh masing-masing low officer (LO) pasangan calon

Untuk diketahui, petahana Benjamin Thomas Noach-Agustinus Kilikily didukung PDIP dengan 3 kursi, Nasdem 3 kursi, Hanura 3 kursi, PKPI 2 kursi, dan Demokrat 3 kursi.

Selanjutnya, Nikolas Kilikily-Desianus Orno yang didukung Gol­kar dan Gerindra masing-masing 3 kursi.

Berikutnya, pasangan calon perseorangan John Leunupun dan Dolfina Markus dari jumlah minimal dukungan sebanyak 5.252 ter­nyata jumlah dukungan tahap awal sebanyak 4.064, dukungan tahap perbaikan 1.902 dengan jumlah 5.966 dukungan suara.

Bursel

KPU Bursel juga menetapkan tiga paslon yaitu, pasangan Ab­durahman Soulisa dan Elisa F Les­nussa yang didukung tiga par­pol yaitu Nasdem 3 kursi, Hanura 2 kursi dan PPP 2 kursi.

Pasangan calon Safitri Malik Soulisa dan Gerson Eliezer Selsily didukung oleh PDIP  dengan 2 kursi, Demokrat 2 kursi, PAN 2 kursi, Perindo 2 kursi dan Partai Berkarya 1 kursi dan ditambah dengan dukungan sejumlah partai non seat, yakni PKB, PSI, PKS, PBB dan PKPI serta pasangan calon Hadji Ali dan Zainudin Booy didukung Partai Golkar dengan 3 kursi dan Partai Gerindra 1 kursi.

Resmi Tetapkan

Sementara itu, KPU Provinsi Maluku memastikan 11 pasangan calon bupati dan wakil bupati telah ditetapkan oleh KPU empat kabupaten.

Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun kepada Siwalima, Rabu (23/9) menjelaskan, dari la­po­ran yang diterima diketahui, KPU empat kabupaten telah melang­sungkan tahapan penetapan pa­sangan calon peserta pilkada 9 Desember mendatang.

“Tadi teman-teman KPU sudah laporkan bahwa tahapan pene­tapan pasangan calon tealh dila­kukan,” ujarnya. (S-16/S-47/S-25/Cr-2)